Monday, August 8, 2011

Sharing Pengalaman Mencari Iklan Di Internet

Akhirnya setelah beberapa lama tidak pernah sharing lagi tentang bisnis online, saya ingin kembali sedikit berbagi cerita tentang kategori situs jual beli yang sudah lama tidak pernah saya tulis lagi yang salah satunya di artikel ini "4 Situs Jual Beli Indonesia Terpopuler".


Saya memang saat ini tidak terlalu fokus dengan jual menjual di internet tetapi memang sarana tersebut paling efektif. Contohnya saat iseng-iseng ada yang bertanya tentang mobil bekas dan langsung saya berikan rekomendasi yang saya tahu, diantaranya yang beberapa waktu lalu ini sedang booming dan banyak dibicarakan pada beberapa blog sahabat yaitu salah satunya Berniaga.com sehingga saya tidak perlu panjang lebar menuliskannya hehe tinggal baca salah satu tips memasang iklan di berniaga dari artikelnya blog Kang Ade.

Sambil menunjukan beberapa kategori yang mudah di cari, saya tinggal tunjuk kepada teman saya tersebut kategori jual beli mobil dan mencarinya sesuai wilayah tempat tinggal kita agar mempermudah kita bertemu dan negosiasi langsung dengan penjualnya. Selesai deh. Iklan yang disana pun selalu disaring terlebih dahulu dan harus di approve oleh pengelola berniaga sebelum akhirnya terpublish.

Nah, mungkin teman-teman punya cerita menarik seputar mencari referensi informasi seputar barang yang akan dibeli di internet. Sekedar membandingkan harga mungkin atau malah cuma iseng nego-nego padahal cuma ingin jadi makelarnya hehe...

Bagaimana pun referensi harga dari Internet dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kita. Dan kisah yang terjadi beberapa waktu lalu saat saya mencoba menawarkan sebuah sewa alat bangunan ke coustamer (secara langsung loh), saya dikagetkan dengan tawar menawar harga yang terlalu minim di bawah margin. Ternyata oh ternyata dia mendapatkan referensi dari internet dengan pasaran harga di wilayah Jakarta yang persaingannya lumayan ketat dibandingkan di wilayah Tangerang.

Nah, memang ada baiknya saat kita melakukan penawaran dengan mempublishnya di Internet harus dijelaskan dengan lengkap tentang kemungkinan adanya perubahan harga dengan kondisi tertentu dan memberikan harga dengan pasaran yang bagus alias bukan menjatuhkan harga agar cepat di lirik.

Sehingga apabila ada yang kasusnya sama seperti saya tidak harus berbusa-busa menjelaskan, mending jika orangnya paham tapi kalo engga mengerti dan tetap bertahan dengan harga yang tertera di Internet. Jadi repot deh.

Bagaimana dengan kisahmu?
Share:

4 comments:

  1.  mantaps om huh kapan yah ane nyusull...

    ReplyDelete
  2. begitu ya? saya masih nubie sih jadi tidak begitu paham... :)

    ReplyDelete
  3. Saya punya pengalaman juga mengiklankan sesuatu di internet. Tidak melalui situs jual beli melainkan melalui blog yang saya kelola sendiri. Alhamdulillaah banyak juga yang baca dan menelpon. Mereka mendapatkan informasi mengenai barang yang saya jual via google. Jadi, apabila kita punya blog, bisa juga tuh blog kita untuk mengiklankan dagangan kita sendiri.

    ReplyDelete
  4. memang rezeki kang kombor ada di Internet jual rumah pun lakunya di Internet dari postingan di blog pula. TOPs :)

    ReplyDelete