Saturday, January 8, 2011

Membangun Komunitas Terlebih Dahulu


Mungkin sebagian dari sobat-sobat blogger sudah ada yang mengetahui tentang pentingnya sebuah komunitas, jika belum maka sebelumnya mari kita lihat pengertian komunitas,
Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". Sumber: id.wikipedia.org

Jika kita persempit, komunitas sangat berperan penting apabila kita ingin membangun sebuah bisnis atau personal branding. Proses dalam pembentukan komunitas ini bisa disebut Community Building Advance.

Caranya?

Konsep Community Building Advance sebenarnya banyak kita temui dalam keseharian bahkan mungkin sudah ada yang melakukannya tapi belum tahu dengan konsep ini.

Sebagai contoh saat sobat-sobat membuat sebuah blog, akun jejaring sosial ataupun fans page di jejaring sosial seperti facebook dan mulai berinteraksi maka itu adalah salah satu bagian dari Community Building.

Manfaatnya?

  • Mempengaruhi tingkat kepercayaan audience
  • Mempermudah untuk melakukan promosi
  • Memantau statistik kebiasaan audience
  • Sebagai bahan untuk evaluasi
Saya kan cuma orang biasa?

Sekarang mungkin belum tapi besok siapa tahu? sebagai contah kecil, jika sobat seorang yang senang menulis dan sudah memiliki komunitas sendiri dari para loyal visitor di sebuah media blog. Tentu akan lebih mudah saat menyodorkan sebuah naskah ke penerbit dibandingkan seseorang yang belum dikenal sama sekali. Itu biasa dikenal dengan Community Personal Building. Kenapa? karena sobat sudah memiliki segmen pemasaran terlebih dahulu.

Begitu juga jika sobat punya bisnis ataupun usaha yang ingin dilakoni, proses promosi produk sudah tentu akan langsung terbidik, bukan?

Berapa lama saya bisa memiliki komunitas?

Tidak ada yang instan dalam hidup ini, masalah berapa lama itu relatif tergantung perjuangan dan kerja keras. Jalani saja prosesnya dulu, nikmati tanpa harus terburu-buru karena akan memakan energi jika terlalu dipaksakan.

"Nah, bagaimana, sudah punya gambaran tentang langkah selanjutnya?"

Image source : djem via Shutterstock
Share:

41 comments:

  1. Sebuah komunitas memang perlu. Disamping sebagai akselerator blogging, itu juga menambah kepercayaan pada personal branding, dimana tiap narablog saling merekomendasikan anggota di komunitasnya.

    Hmm, #bloggermalam sepertinya sudah menjadi sebuah komunitas? :D
    Bisa jadi hehe

    ReplyDelete
  2. memang untuk menyalurkan "hasrat kita" ada baiknya bergabung dgn komunitas, krn mereka bisa mengerti dan membimbing kita :)

    ReplyDelete
  3. bisa banget. :D

    sebenarnya tulisan di atas tentang Community poersonal Building loh :D

    ReplyDelete
  4. Kalau mengumpulkan email atau reader dengan membuat Option-In Page di blog apa bisa disebut juga membangun komunitas, Mas Andi? Komunitas pembaca atau Community Personal Building? Atau ini hanya sebatas bisa dipakai sebagai parameter saja seberapa populer kita di mata orang lain (pembaca/pengunjung)

    ReplyDelete
  5. wah hebat mas.. sedang mambangung saya juga sekarang hehehe mudah2an ke depannya mudah yaa..makasih mas

    ReplyDelete
  6. setujuh banget mas!
    tapi ada saran gak, komunitas mana yang bagus untuk kita ikuti di dunia maya ini? hehe..
    sapa tahu ada yang menarik, :D

    ReplyDelete
  7. yup Komunitas pembaca istilah lazimnya dari Community Personal Building.

    Option-In Page di blog termasuk didalamya :)

    ReplyDelete
  8. banyak kok tinggal kita cari yang sesuai minat kita :)

    tapi lebih seru kita yang menciptakan komunitas itu sendiri :)

    ReplyDelete
  9. istilah saya dulu itu, habitat. hehhehe

    tapi bener kok, komunitas itu ibarat energi individu untuk mendapatkan semangat, kepercayaan dan eksistensi yang terakui.

    sebab, dengan komintas yang solid, ia akan menemukan banyak hal yang mendukung kemajuan personalitasnya.

    ReplyDelete
  10. Sebenarnya susah-susah gampang sob
    membangun komunitas

    ReplyDelete
  11. yang sering terjadi jika terbentuk komunitas adalah : "hangat-hangat tai ayam"
    semangat hanya ada pada 3 bulan awal terbentuk...setelah itu karena intrik dan kepentingan pribadi yang ikut bermain di dalamnya,melempemlah kemudian...
    apalagi jika dalam komunitas sudah ada profit yang di hasilkan..tanpa maintenance yang bagus komunitas hanya menjadi alat stempel untuk mengeruk profit dengan mengesampingkan anggotanya...
    apalagi jika komunitas offline..kendala geografis menjadi alasan paling mudah unutk menelantarkan komunitas....

    ReplyDelete
  12. komunitas....selain kepentingan untuk marketing..juga yang paling utama adalah menjalin silaturahmi..diantara para pengguna....

    ReplyDelete
  13. komunitas memang perlu ya mas...
    karena memiliki kesamaan-kesamaan yang mas Andi tulis diatas, itu yang membuat sebuah kritik, saran dan sindiran sekalipun jadi lebih bisa diterima oleh setiap individu yang tergabung dalam sebuah komunitas.....

    ReplyDelete
  14. Betul sobat
    Bisnis berbasis komunitas itu lebih memungkinkan untuk bertahan
    Kedai saya pun terbantu :)

    ReplyDelete
  15. sebenarnya tergantung kekompakan juga sih dan punya visi yang sama?

    ReplyDelete
  16. yup. dengan adanya komunitas ada sebuah parameter tersendiri :)

    ReplyDelete
  17. selamat atas kedainya ya? semoga saya bisa mengikuti jejak kang achoey :)

    ReplyDelete
  18. Masuk dikomunitas itu banyak manfaatnya :)

    ReplyDelete
  19. kang darin dimana-mana selalu pertamax.... :((

    ReplyDelete
  20. bener juga mas.. dengan membangun komunitas, kita bisa saling bertukar pendapat dan melakukan tanya jawab dan saling membantu jika ada kesulitan/masalah...

    #bloggermalam kan juga dah termasuk komunitas

    ReplyDelete
  21. Saya dan teman-teman sesama blogger manado sedang berusaha membangun sebuah komunitas bro, Komunitas blogger Manado

    ReplyDelete
  22. yup. apalagi komunitas sosialnya mas Bocahbancar :)

    ReplyDelete
  23. mari kita bikin partai komunitas bloggermalam :D

    ReplyDelete
  24. kita tunggu kabar dari komunitas blogger Manado, sob :)

    ReplyDelete
  25. Bagaimana apabila prosesnya dilakukan secara paralel? Sebagai contoh:
    Saya ingin memulai bisnis tetapi saya belum memiliki komunitas. Alih-alih membangun komunitasnya lebih dulu, saya lakukan paralel: bisnis saya bangun sambil mengembangkan komunitas untuk mendukung bisnis tersebut?

    ReplyDelete
  26. Saya ingat bos di penerbit saya pernah bilang bahwa sekarang menulis buku sudah tidak segampang dulu. Dulu penulis cukup nulis dan nunggu royalti sekarang persaingannya lebih berat. Penulis harus bisa membangun komunitasnya sendiri.

    ReplyDelete
  27. yup. seperti itu, om. untuk memperkuat bisnis itu memang sebaiknya kita juga sambil membuat komunitas pendukung untuk bisnis kita tersebut :)

    ReplyDelete
  28. yup. persaingan sekarang semakin ketat ditambah memang internet sudah berperan dalam informasi termasuk di industri penerbitan buku. :)

    Tanpa mempunyai komunitas pengemar misalnya akan sulit menembus pasar dan persaingan :)

    ReplyDelete
  29. Kalau menurut saya, komunitas tidak bisa dibangun. Kita tidak bisa memaksa: "Eh, kamu masuk komunitasku ya". Ia hadir secara alami melalui komunikasi offline dan online. Interaksi antar spesies /person (maaf saya pakai istilah tersebut :) ) merupakan poin utama yang mengikat antar individu.

    Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Tergantung seberapa intens kita berkomunikasi. Semakin sering frekuensi percakapan, semakin cepat terbentuk ikatan kontak dalam satu lingkungan.

    ReplyDelete
  30. yups, saya setuju., membangun komunitas seperti membangun suatu pasar bisnis. ketika produk kita launch, otomatis para anggoa komunitas lah yang terlebih dahulu mengetahuinya

    ReplyDelete
  31. Sangat bermanfaat nih ilmunya salam kenal gan...

    ReplyDelete