Tuesday, November 8, 2011

Buku : Titik ( Tidak Bisa ) Balik - Inspirasi Karyawan Menjadi Pengusaha

"Saya menyebut mereka karyawan paradoks. Sikap mengeluh, kurang bersyukur dan tidak mau bekerja keras membuat mereka tak bisa bertahan. Sikap mental lebih suka ada di dalam rumah tidak mengerjakan apapun, daripada bekerja keras." - Basri Adhi

titik tidak bisa balik

Saat kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo kemarin, saya mendapatkan sebuah kenang-kenangan istimewa dari Kang Adetruna. Yaitu 2 buah buku yang menarik dari Sygma Publishing, tempat Kang Ade bekerja dan serunya saya boleh milih sendiri buku apa yang ingin saya ambil.

Kali ini saya akan mengulas salah satu buku tersebut. Judulnya Titik ( tidak bisa ) Balik, Inspirasi paten pindah jalur dari karyawan jadi pengusaha sukses. Terbitan Progressio dan ditulis oleh Basri Adhi, Owner dari jaringan waralaba MISTERBLEK Coffee.

Saat membaca judulnya pertama kali, jujur penuh rasa penasaran. Titik Balik yang bercetak tebal dan besar di covernya memberikan tanda tanya tersendiri, apa sih yang di maksud titik balik dengan kalimat “tidak bisa” di tengahnya.

Setelah setiap halamannya saya baca satu demi satu akhirnya saya mendapatkan inspirasi mendalam. Akhirnya saya pun bisa mengerti apa yang di maksudkan oleh Basri Adhi, penulisnya tentang titik tidak bisa balik ini.

Buku ini menceritakan pengalaman pribadi sang penulis, bagaimana proses panjang yang beliau alami mulai dari masa perjalanan ketika berada di puncak karir dalam pekerjaannya yang sudah mapan dan sampai akhirnya pada sebuah titik dimana semua kejayaan dan kemewahan yang ada harus hilang. Semuanya berubah menjadi sebuah titik awal yang harus dijalaninya dan akhirnya menjadi sebuah kesuksesan, bisa menginspirasi dan menciptakan kesuksesan kepada mitranya dan menghidupi karyawannya.

Bahasa yang sederhana dan lugas layaknya seorang sahabat yang bercerita begitu terasa saat membaca buku ini. Dan yang menarik adalah ilustrasinya cukup jenaka dan interaktif sehingga memudahkan pembaca untuk menangkap point-point yang ingin disampaikan pada setiap Babnya, ternyata yang design layoutnya kang Ade loh, mantaps. good job kang.

Well, selain itu sang penulis juga memberikan renungan dan pencerahan step by step bagi kita untuk memulai sebuah bisnis. Saya rasa memang referensi bagus untuk yang sedang ingin belajar bisnis karena buku ini inspiratif.

Oh iya untuk temen-teman yang berminat untuk bergabung dalam komunitas pembaca sygma bisa berkunjung di sygmablog.com
Share:

5 comments:

  1. wah, menarik, saya selalu suka buku yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis :) buku seperti ini lebih mempunyai roh :)

    ReplyDelete
  2. Wah dimana mana mbahas bisnis ya, selamat memulai bisnis pada semua blogger neh...

    ReplyDelete
  3. ralat: ade truna hanya layouter, gambar sih sama ilustrator-nya :D

    ReplyDelete
  4. @ Jarwadi : yup betul, mas jika pengalaman pribadi lebih kena feelnya :)

    @ Sriyono : Iya, mas. sekalian buat bahan dokumentasi masa depan :D
    @ Muzyanur : Langsung pesan online juga bisa kok di sygmapublishing.com :)
    @ Bede ( Kang Ade ) : siap gan ralat dah dibetulkan :D

    ReplyDelete