Saturday, November 12, 2011

Peristiwa Dibalik 11-11-1111

Apapun itu untuk saya angka 11/11/11 adalah sebuah linimasa atau garis waktu yang terus berjalan. Berganti dan berputar melalui perjalanan kehidupan ini. Dan kita ada di dalam bagian linimasa tersebut.


Kemarin heboh dimana-mana membahas 11-11-11. Mulai dari twitter, facebook dan blog. Ada yang berpendapat itu merupakan tanggal'an baik dan juga yang bilang itu tanggal'an kurang baik. Bahkan ada juga yang langsung mengkaitkan dengan kiamat 2012 versi suku maya.

Terlepas dari itu banyak juga yang memanfaatkannya untuk moment-moment penting seperti melangsungkan pernikahan, kelahiran ( sampai-sampai rumah sakit kebanjiran order untuk caesar ibu hamil ), nembak gadis impian ( kalo di terima, kalo di tolak? ), rencana beli rumah / mobil / gadget dan lainnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk mudah diingat dan unik alias nomor cantik. Kalo kartu perdana harganya bisa mahal nih, hehe...

Hal yang ada dipikiran saya justru adalah sebuah pertanyaan "apa yang terjadi ya pada 11-11-1111 ?" iseng-iseng googling ternyata banyak juga yang mempertanyakan hal tersebut. Akhirnya setelah cari-cari referensi  maka saya dapatkan beberapa hasil peristiwa di 11-11-1111 walaupun hanya mendekati. Maklum karena di masa itu belum ada internet coba kalo udah ada ya? haha....

Sejarah Dunia : Perang Salib dan Perebutan Kekuasaan

Masa tahun 1111 M merupakan masa-masa terjadinya peristiwa besar yang memperebutkan wilayah kekuasaan di Tanah suci yang merupakan tempat sakral yang telah menjadi tujuan peziarahan keagamaan sejak zaman dulu. Di antaranya umat Yahudi, Kristen dan Islam.

Perang Salib pada hakikatnya bukan perang agama, melainkan perang merebut wilayah kekuasaan. Dalam perang salib ini sisi positifnya membuktikan bahwa tentara Salib dan tentara Muslim terjadi pertukaran ilmu pengetahuan, selain itu Perang Salib berpengaruh sangat luas terhadap aspek-aspek politik, ekonomi dan sosial.

Pengepungan Antioch, dari lukisan miniatur abad pertengahan selama Perang Salib Pertama
Pada musim semi tahun 1095 M, 150.000 orang Eropa, sebagian besar bangsa Perancis dan Norman, berangkat menuju Konstantinopel, kemudian ke Palestina.
1095 - Paus Urbanus II menyerukan Deus Vult! - "Allah menghendakinya!" dan dengan itu memulai Perang Salib yang mengakibatkan banyak peperangan yang tragis
Hal ini terjadi karena berawal dari permohonan Kaisar Alexius I kepada Paus Urbanus II untuk menolong Kekaisaran Byzantium dan menahan laju invasi tentara Muslim ke dalam wilayah kekaisaran tersebut.

Sebelumnya pada tahun 1071, Kekaisaran Byzantium telah dikalahkan oleh pasukan Seljuk yang dipimpin oleh Sulthan Alp Arselan di Pertempuran Manzikert, yang hanya berkekuatan 15.000 prajurit, dalam peristiwa ini berhasil mengalahkan tentara Romawi yang berjumlah 40.000 orang, terdiri dari tentara Romawi, Ghuz, al-Akraj, al-Hajr, Perancis dan Armenia. Dan kekalahan ini berujung kepada dikuasainya hampir seluruh wilayah Asia Kecil (Turki modern).

Islam dimasa itu berada dalam kekuasaan Kerajaan Bani Abbasiyyah dan pada 1099 M, Tentara Salib pun menaklukkan Baitul Maqdis. Hingga sampai akhirnya 1144 M - Nuruddin Zengi dapat kembali menaklukkan Edessa dari tentera Kristian dan berlanjut Perang Salib kedua.

Sejarah Indonesia : Masa Penyebaran Islam

Jika melihat ke linimasa sejarah Indonesia, data yang tertulis di masa 1111 M itu merupakan masa awal kerajaan islam di Indonesia. Hal ini dapat dilihat melalui sejarah Sejarah Nusantara pada era kerajaan Islam

Salah satunya melalui Naskah Hikayat Aceh mengungkapkan bahwa penyebaran Islam di wilayah bagian utara Sumatera dilakukan oleh seorang ulama Arab yang bernama Syaikh Abdullah Arif pada tahun 506 H atau 1112 M. Sehingga akhirnya berdirilah kesultanan Peureulak dengan sultannya yang pertama Alauddin Syah yang memerintah tahun 520–544 H atau 1161–1186 M. Sultan yang telah ditemukan makamnya adalah Sulaiman bin Abdullah yang wafat tahun 608 H atau 1211 M.

Adapun sebenarnya penyebaran Islam sendiri sudah masuk ke Indonesia pada abad 7 Masehi. Saat itu telah ada jalur pelayaran yang ramai dan bersifat internasional melalui Selat Malaka yang menghubungkan Dinasti Tang di Cina, Sriwijaya di Asia Tenggara dan Bani Umayyah di Asia Barat sejak abad 7.

Wafatnya Imam Al-Ghazali

Imam Al-Ghazali yang memiliki nama lengkap Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i merupakan ulama besar, seorang filosof dan teolog muslim Persia, yang dikenal sebagai Algazel di dunia Barat abad Pertengahan. Lahir di Thus, 1058 / 450 H – meninggal di Thus, 1111 / 14 Jumadil Akhir 505 H.


Jika merujuk pada islamicfinder.org maka 14 Jumadil Akhir 505 H adalah 18 November 1111. Itu artinya +7 dari 11-11-1111

Sejarah China : Pergolakan Politik Dinasti Song

Dinasti Song (Hanzi: 宋朝, hanyu pinyin: song chao) merupakan salah satu dinasti yang memerintah di Cina antara tahun 960 sampai dengan tahun 1279 sebelum Cina diinvasi oleh bangsa Mongol.

DIsebutkan kala itu salah satu golongan menjadi mayoritas dalam kementerian istana, para pejabat saingan akan diturunkan jabatannya secara paksa dan diasingkan ke tempat-tempat terpencil di kerajaan. Salah satu korban persaingan politik yang terkenal ini adalah negawaran dan penyair Su Shi (1037–1101). Ia dipenjarakan dan pada akhirnya diasingkan oleh karena mengkritik kebijakan reformasi Wang.

Manakala politik istana Song terpecah dan terfokus pada masalah internal, peristiwa besar yang terjadi di Kerajaan Liao pada akhirnya mendapatkan perhatian Kerajaan Song. Bangsa Jurchen yang merupakan suku taklukkan Kerajaan Liao memberontak dan mendirikan kerajaan mereka sendiri, yakni Jin Dynasty (1115–1234).

Cukup 4 peristiwa yang dapat saya tuliskan disini. Bagi yang ingin menambahkan silahkan. Masalah baik buruk atau bahkan tentang ramalan saya no comment dah. Cuma dari sini saya malah jadi kembali belajar sejarah dan memang dari masa lalu kita bisa belajar banyak tentang masa depan. Kita ambil positifnya aja dari apa yang kita pelajari hari ini untuk hari esok.

Sumber referensi : Wikipedia.org
Share:

5 comments:

  1. hehehe, 4 peristiwa terkait 1111 imalah baru saya baca di sini sebagai pengayaan wacana.

    saya kemarin iseng iseng menulis entry blog berjudul 111111, ternyata banyak sekali orang yang googling angka 111111 dan nyasar di blog saya.

    tujuan iseng saya itu memang eksperimental saja untuk melihat penasaran orang lain di seberang internet sana :)

    ReplyDelete
  2. sebenarnya ini juga postingan untuk ekperimen, mas :D

    ReplyDelete
  3. memang panjang klo dilihat dari sejarahnya, postingan yang bagus dan mantab Gan..... Salam kenal ya

    ReplyDelete
  4. Salam kenal, kebetulan angka kelahiran saya 1111 dan gak nyagka ultah di 2011 jatuh di 11-11-2011 emang beritanya santer, pengalaman pribadi yang unik terutama no KTP sama SIM jadinya rada kurang sip karena angkanya satu melulu. Kejadian yg bener2 unik yakni persis tanggal 11-11-2011 jam 11 siang hp saya mati restart melulu, untung bisa di flash sendiri... kemudian saya jadikan artikel di blog saya http://kurunanda.tk... Salam...

    ReplyDelete
  5. Angka yang bagus..!!
    Bentar lagi akan terjadi angka bagus, unik dan mungkin akan terjadi peristiwa besar pada:
    Tgl. 20-12-2012 pukul:20:12.
    Intinya "persiapkan diri kita" untuk menghadapi pada waktunya. Wallahu 'alam.

    ReplyDelete