Thursday, July 7, 2011

Saatnya Mengundang Penulis Tamu

Setelah mempertimbangkan dengan matang akhirnya mungkin saatnya untuk saya mengundang penulis tamu di Digital Notes ini.

penulis tamu

Kilas balik dan sebuah renungan

Sambil bernostalgia saat saya memutuskan untuk memiliki domain AndiSakab.com, 2 tahun lalu, tepatnya 30 November 2009. Saat itu dengan semangatnya saya menyusun ide tentang apa-apa yang akan saya tulis dan akhirnya mengisinya dengan blog berbahasa inggris.

3 bulan berlalu dan saya pun kehilangan arah dan semangat, terkatung-katung sampai akhirnya blog pun di suspend. Kala itu saya memang memesan hosting hanya untuk 3 bulan karena berangkat dari niat ingin coba-coba.

Domain pun akhirnya di redirect ke blog pribadi saya yang di wordpress.com dan terus seperti itu bahkan sampai saya lupa bahwa saya punya domain. Sampai akhirnya di akhir tahun 2010 semangat untuk ngeblog itu bangkit kembali.

Belajar dari situ saya akhirnya sadar ternyata konsisten itu adalah hal sulit. Karena yang namanya mood itu cenderung berubah-ubah. Karena tidak ingin mengulang kembali hal seperti itu, saya mencoba untuk serius mengelola blog ini dengan tetap mengupdatenya secara berkala.

Tetapi lambat laun saya justru kembali sadar bahwa kemampuan dan kapasitas saya tetap terbatas. Saat saya mencoba mengali beberapa topik, saya kadang berpikir apakah yang saya tuliskan ini mencerminkan apa yang saya tulis.

Siapa dan apa

“Siapa dan apa” terkadang berpengaruh terhadap isi tulisan, hampir sama seperti contoh kasus saya tidak bisa memasak tetapi saya menulis tentang memasak. Jika saya masih dalam lingkup sedang belajar mungkin masih bisa diterima, tetapi jika saya hanya meraba-raba tetapi belum terjun langsung maka yang ada justru tulisan akan terasa hambar atau kurang garam.

Oleh karena itu untuk memperkaya dan meningkatkan konten blog ini maka saya akan mencoba menginvite secara khusus beberapa teman blogger untuk berkontribusi di Digital Notes ini sebagai penulis tamu.

Selain untuk memacu saya untuk tetap konsisten menulis juga supaya pegunjung Digital Notes yang telah singgah kesini bisa belajar dan mendapat inspirasi baru.

Fenomena penulis tamu

Saat saya mencoba mencari data tentang penulis tamu. Fenomena ini marak di awal tahun 2010 silam terbukti banyak arsip blog yang menulis tentang penulis tamu di masa-masa itu. Jadi tidak ada salahnya jika blog ini mencoba alternatif serupa. Masalah dan pertanyaan yang muncul akhirnya timbul.

Terlepas dari itu semua, hal ini bukan karena saya tidak mampu mengurus blog ini sendirian tetapi lebih kepada mencoba meningkatkan kualitas konten sambil membuat team kontributor agar blog ini bisa terupdate. Karena prioritas online dan offline saya harus seimbang, bukankah begitu?

Segmentasi pembaca

Blog ini memang sejak awal saya niatkan untuk tema umum namun dengan segmentasi khusus yaitu kategori pembaca umur 25 keatas. Karyawan, professional, Pengusaha UKM dan umum (meniru segmentasi di idblognetwork) karena dengan demikian saya bisa tahu, saya menulis dengan bahasa yang mudah dipahami, hehe... Juga saya selipkan tema lain di luar itu sesuai dengan kemampuan dan kapasitas saya.

Kira-kira siapa ya yang mau menulis diblog ini, hehe.... eits tetapi tentunya saya bukan membuka undangan penulis tamu secara terbuka, saya hanya akan menginvite secara khusus untuk mengisi beberapa topik tertentu. Hmmm... siapa ya? :D

Sumber gambar : Gettyimages.com by Dougal Waters
Share:

6 comments:

  1. hehe idealnya, bli. tadinya pengennya malah 35+ haha :D

    tetapi itukan cuma reka-reka ya semakin general semakin bagus :)

    ReplyDelete
  2. Wah..., berarti blog ini mesti didaftarkan ke lembaga sensor blog :D - kalau ada sih.

    ReplyDelete
  3. Mengundang penulis tamu di personal blog ada keuntungan dan kerugiannya. Mudah-mudahan Om Andi sudah mempertimbangkan semuanya dan semoga lebih banyak untungnya. Kerugiannya hanya satu: kelihatan narablog kewalahan mempublikasikan kiriman baru :)

    ReplyDelete
  4. Perkenalkan nama saya Amar. Saya tertarik untuk menjadi penulis tamu di web anda. Tapi, setelah saya membuka menu "contact us", tidak ada media untuk menghubungi anda. Karena itu, saya menuliskannya lewat kolom komentar ini.
    Saya rasa saya cukup memiliki kemampuan dalam menulis konten di berbagai bidang. Jika anda tertarik, silahkan menghubungi saya di uangpost@yahoo.com
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. Anonymous : Untuk saat ini saya close dulu untuk penulis tamu. Mungkin jika saya nanti butuh penulis tamu akan saya hubungi deh :)

    ReplyDelete