Wednesday, June 29, 2011

Blogilicious Milad Jakarta 2011

Blogilicious Milad Jakarta 2011, sukses digelar pada 25 – 26 Juni 2011 lalu yang berlokasi di Kantor Telkom Jakarta Selatan Lt. 7 - Jl. Sisingamangaraja 4-6 Kebayoran Baru, Jakarta. Di mana Blogilicious kali ini sekaligus penutupan dari roadblog yang sebelumnya telah berlangsung di 6 kota-kota besar Indonesia.

blogilicious milad jakarta

Berbeda dengan sebelumnya Roadblog blogilicious Jakarta kali ini berbarengan dengan acara Milad Jakarta dan Komunitas Bloggger Depok, DeBlogger oleh karena itu (menurut asumsi saya) maka untuk memeriahkan blogilicious jakarta dipilih kontes dengan keyword Blogilicious Milad Jakarta.

Dengan tidak mau ketinggalan event istimewa Idblognetwork satu ini, saya akhirnya bersama rekan-rekan memutuskan untuk berangkat dengan Bus Trans Citra karena dengan pertimbangan malamnya saya ada kopdar dengan Topi bambu sehingga jika saya naik bus, saya bisa tidur di perjalanan.

Jejak Rekam Blogilicious Jakarta Hari ke 1

Awalnya kami kira bakal datang telat tetapi ternyata alhamdulillah bisa tiba juga di lokasi sebelum jam 9. Perwakilan dari blogerbenteng hari ke-1 yaitu Aji, Rammy, Ridwan, Quro ( yang paling muda karena masih sekolah ), saya dan Om Away. Sebuah sambutan hangat dari tuan rumah DeBlogger saat kedatangan, tepatnya ketika akan mengisi buku tamu membuat suasana terasa penuh keakraban.

Acara sendiri sempat molor karena ada masalah teknis sedikit, namun saat pembukaan saya terkagum dengan sebuah tarian daerah dan setelah itu dilanjutkan pembukaan dari ketua Deblogger dan pembukaan Mas Kukuh yang menampilkan video-video dokumentasi blogilicious di kota sebelumnya.

Materi 1, dimulai dengan topik “Etika Blogging” yang dibawakan oleh Mbak Risa. Di sini Mbak Risa melakukan diskusi interaktif di tambah moderator yang kocak abis yaitu Mas Anjar, hehe. Mbak Risa pun bersama-sama para peserta membuat kesepakatan untuk mulai sama-sama beretika dalam ngeblog.

Isi 12 kesepakatan etika dalam ngeblog bisa dibaca di sini : Inilah Butir-Butir Kesepakatan Blogger Untuk Nge-Blog Beretika

Materi 2, “Tips Ngeblog” dibawakan oleh Bang Amril, Saya dibuat ngiler juga dengan prestasi yang didapatkan Bang Amril dari Ngeblog, sebuah motivasi dan tips menulis blog membuat saya akhirnya belajar banyak, terutama jika ngeblog itu jangan terlalu di paksakan, Kalo sedang buntu ide, bisa di selingi dulu dengan kegiatan lain yang akhirnya membuat fresh dan mendatangkan ide-ide baru. Dan perbanyak membaca untuk memperkaya tulisan kita.

Live Tweet - Dok : Priyadi
Materi 3, “Mobile Blogging” oleh Mas Kuncoro. Untuk yang satu ini saya sedikit menyerah karena jujur kalo masalah aplikasi mobile blogging, gadget saya tidak mendukung hehe maklum ponsel yang paling keren yang saya punya cuma nokia 5300, lainnya hape GSM biasa. Apalagi ponselnya udah lowbet alias ngdrop jadi niat ingin live tweet pun terhambat. Saya hanya bisa menyimak dengan seksama.

Tidak lama pun akhirnya sesi istirahat dan makan siang dulu.

Ramy, Qura, Aji dan Om Away
Lanjut Materi 4, “Sosial Media” dan ini bagian yang paling kocak menurut saya, dibawakan oleh Mas Nukman Lutfie. Saya akhirnya bisa melihat beliau secara langsung karena biasanya hanya memantau twitternya dan Beliau ternyata membuka fakta-fakta bahwa sosial media terhadap blog kita amat penting. Selain itu saya baru tahu ternyata pembawaan Beliau begitu menarik dengan gaya pedenya haha...

Materi 5, merupakan sesi tambahan dari panita yaitu memperkenalkan “ASEAN Blogger Community” oleh Hazairin Pohan kepada para peserta blogilicious.

Materi 6, “Blogpreneur” oleh Mas Vavai, di sini saya belajar banyak dan yang paling diingat adalah istilah-istilah blog jantan dan betinanya haha... Dan ini adalah materi terakhir blogilicious hari ke 1.

Karena acara di paginya sempat molor maka saya dan teman-teman pun pulang kesorean, situasi busway lumayan padat berhimpitan di bus, akhirnya membuat tiba di rumah jam 9 malam. Dan karena ada yang perlu saya kerjakan maka mau tidak mau saya pun online sampai dini hari.

Jejak Rekam Blogilicious Jakarta Hari ke 2

Sebenarnya hari ke 2 ini saya ingin datang tetapi kondisi badan yang ternyata drop membuat saya harus gigit jari dan batal datang ke Bloglilicious, berat memang tapi apa boleh buat. Blogerbenteng akhirnya diwakilkan oleh 5 blogger, Aji, Rammy, Quro, Zanu dan Dede Rohali.

Akhirnya saya hanya bisa memantau dari live tweet yang berada di sana. Ternyata materinya mantaps semua, waduh jadi nyesel engga ikut. Dan tentunya di Hari ke 2 merupakan hari miladnya DeBlogger dengan event-event special tentunya, salah satunya “Blogger Idol”.

“Happy milad buat Deblogger semoga makin eksis dan tentunya kegiatan-kegiatan offlinenya makin mantaps”

Malam harinya saya pun ke tempat Aji yang rumahnya tidak jauh dari tempat tinggal saya, untuk mengambil Goodybag Bloglicious + sertifikat. Sambil ingin mendengarkan langsung kegatan-kegiatan di sana dan ternyata hari ke 2 banyak yang mendapat hujan hadiah, gigit jari lagi deh, hehe...

Yups, akhirnya roadblog blogilicious 7 kota di Indonesia yang delicious sukses di gelar dengan sukses tinggal menunggu event baru lagi dari Idblognetwork. Ssttt udah tahu belum 1 bulan lagi Idblognetwork khan milad yang pertama. Hmmm... kejutan apalagi ya?

Harapan ke depan untuk Idblognetwork

Baiklah, ini adalah sebuah mimpi saya di IBN ke depannya semoga sang adminnya baca hehe
  • Berharap setelah roadblog blogilicious 2011, dapat menjadi sebuah langkah yang mempersatukan komunitas-komunitas blogger yang ada di Indonesia dengan rasa kekeluargaan dan kebersamaan serta menjadi mediator untuk menjalin persahabatan serta silaturahmi kesemua blogger Indonesia.
  • Berharap IBN menjadi sebuah pilar para blogger Indonesia yang terus berupaya memperbaiki kualitas konten blog berbahasa indonesia agar dipercaya oleh dunia, sedih kadang kalo melihat banyak layanan ads internasional banyak memblokir negara kita, seperti Adsense misalnya.
  • Berharap IBN menjadi pilar kesejahteraan para blogger Indonesia yang mengangkat profesi blogger / narablog itu di mata masyarakat.
  • Berharap ( yang ini harapan terbesar saya ) banyaknya iklan-iklan yang saya lihat di reklame dan stasion televisi, bisa ada juga di blog-blog Biar semua member IBN bisa payout terus tiap bulan, haha
Begitulah hasil catatan saya malam ini, maju terus buat idblognetwork :)

Photo Bareng - Dok : Priyadi

Laporan lainnya tentang Blogilicious Milad Jakarta :
Share:

21 comments:

  1. kantor speedy jaksel yah ??  huaaaa aku malah gak ikut 

    ReplyDelete
  2. Senang bisa bertemu denganmu :)
    ada foto saya.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mas. saya ikut blogilicious yogyakarta. :)

    ReplyDelete
  4. Acaranya benar-benar blogilicious "Blogging Has Never Tasted This Good"

    ReplyDelete
  5. hauakkkkkk naangis dayak deh gue gak dateng huhhh nyesel ampe ke ubun-ubun om .....

    ReplyDelete
  6. Wah, ada acara makan2nya ya?
    Nyesel banget g bisa ikut.

    Semoga bermanfaat ilmunya, dan dpt dishare ke kita.

    ReplyDelete
  7. Bagaimana cara menuliskan menggunakan nama Blog?

    ReplyDelete
  8. udah saya tulis di sini, om :
    http://www.andisakab.com/2011/01/cara-berkomentar-di-disqus.html

    ReplyDelete
  9. @ bigadir : khan ada di 7 kota, gan. Jakarta adalah penutupannya

    ReplyDelete
  10. @ tongkongan : wah yg di yogyakarta kemarin pasti meriah juga :)

    ReplyDelete
  11. @ om Bagus : iya, om nanti kita sharing bareng :)

    ReplyDelete
  12. @google-1d7746f6b2b7665d23dc26cd94584b11:disqus apanya, om? :)

    ReplyDelete
  13. Blogilicious mamang asik, slalu terkenang kesan-kesannya dihati :)

    ReplyDelete
  14. Terima kasih informasi yang sangat berguna ini membantu saya, tentang Blogilicious 2012 (seminar)
    by BLOGGERspherepedia

    ReplyDelete