Friday, May 13, 2011

Komunitas Blogger ASEAN-Indonesia – Saatnya Blogger Berbicara Tentang ASEAN

"Jakarta, 10 Mei 2011 – Sebuah sejarah baru telah digoreskan untuk pertama kalinya dalam dunia Blogger. Sebuah Deklarasi pembentukan ASEAN BLOGGER COMMUNITY CHAPTER INDONESIA"


Rasanya baru kemarin saya membahas sekilas tentang KTT ASEAN 2011 tiba-tiba saja saya menerima sebuah email undangan Deklarasi Komunitas Blogger ASEAN-Indonesia 2011 dari mas Kukuh selaku inisiator dari Idblognetwork yang kebetulan lokasinya di Es Teler 77 Jl. Adityawarman Jakarta Selatan. Karena saya penasaraan ingin tahu seperti apa acaranya dan menyaksikan langsung prosesi deklarasi ini akhirnya saya mencoba hadir.

Dengan perjalanan memakan waktu 2.5 jam akhirnya saya bersama Dede Rohali, salah satu blogger dari Tangerang juga, tiba di lokasi pukul 5.30 sore yang memang di sana masih sepi. Selepas waktu Magrib akhirnya satu persatu blogger pun hadir yang di antaranya saya sudah kenal karena pernah bertemu saat kopdar IBN pertama di JCC, Perwakilan dari komunitas blogger di JABODETABEK dan Sisanya adalah Blogger-blogger senior plus memiliki nama besar. Akhirnya saya nimbrung aja deh padahal minder juga, hehe

Acara disiarkan secara Live dari Radio Komunitas Twitter Indonesia

Acara pun dibuka dengan sambutan dari ketua panitia Deklarasi Komunitas Blogger ASEAN-Indonesia, yaitu Imam Brotoseno dan dilanjutkan dengan sambutan Dirjen Kerjasama ASEAN, Djauhari Oratmangun yang menyambut baik inisiatif para blogger Indonesia untuk mendorong partisipasi dari lapisan masyarakat dalam proses pembangunan Komunitas ASEAN. Sebab dengan melibatkan masyarakat setidaknya menjadi langkah kesuksesan ASEAN untuk menjembatani dalam permasalahan atau konfilk antar negara.

Sebelum pembacaan deklarasi pembentukan Komunitas Blogger ASEAN-Indonesia dimulai, seluruh blogger yang hadir pun berdiri. Mendengarkan dengan seksama isi Deklarasi,



Detik-detik pembacaan deklarasi

Bahwa sejalan dengan perkembangan kerjasama ASEAN, khususnya pasca disepakatinya Piagam ASEAN pada tanggal 15 Desember 2008, ASEAN telah berubah menjadi suatu organisasi baru dengan aturan hukum yang jelas dan memiliki legal personality, menuju terbentuknya suatu Komunitas ASEAN 2015 yang didasarkan pada tiga pilar yaitu politik keamanan, ekonomi dan sosial budaya.
Bahwa sejalan dengan perkembangan yang terjadi, kepemilikan dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan ASEAN menuju dan paska Komunitas ASEAN 2015 dirasakan penting untuk mendorong partisipasi berbagai lapisan masyarakat tak terkecuali blogger Indonesia dalam proses pembangunan Komunitas ASEAN. Sebab itu, kami para blogger Indonesia sepakat untuk:
Pertama, membantu upaya-upaya memperkuat integrasi ASEAN yang bersifat kerakyatan (people centred) dan mendorong interaksi ASEAN dengan masyarakatnya yang lebih mendekatkan mereka satu sama lain.
Kedua, memberikan masukan bagi berbagai kebijakan dan kerjasama pilar-pilar ASEAN bagi peningkatan kepentingan nasional dan kesejahteraan rakyat.
Ketiga, menjembatani komunikasi di antara  blogger dan partisipasi public di antara rakyat di negara-negara ASEAN melalui blog dan sosial media serta kegiatan offline.
Keempat, menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendorong pelibatan blogger dan masyarakat agar memiliki rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi dalam kerangka kerjasama ASEAN.
Kelima, membentuk sebuah wadah bagi para blogger untuk menampung dan menyampaikan aspirasi serta -melaksanakan  berbagai kegiatan terkait ASEAN yang kami beri nama Komunitas Blogger ASEAN-Indonesia atau ASEAN Blogger Community Chapter Indonesia dengan alamat blog http://aseanblogger.com. Keanggotaan Komunitas bersifat inklusif, mewakili Komunitas ataupun pribadi.
Ditandatangani di Jakarta pada tanggal Sepuluh Mei Dua Ribu Sebelas oleh para blogger Indonesia dengan disaksikan oleh Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Djauhari Oratmangun
Jakarta, 10 Mei 2011
Dan ditandatangani oleh para Deklarator yaitu Djauhari Oratmangun, Hazairin Pohan, Aris Heru Utomo, Iman Brotoseno, Amril Taufik Gobel, Eko Eshape, Blontak Poer, Gempur, Kuku TW, Mubarika, Farid dan lainnya.




Selesai acara di atas akhirnya kami pun makan malam dan melanjutkan sesi Talk show bersama Hazairin Pohan (Mantan Dubes RI untuk Polandia dan juga seorang blogger), Aris Heru Utomo (Diplomat Kemenlu RI,Ketua Komunitas Blogger Bekasi), Gempur Abd.Ghofur (Komunitas Blogger Tugu Pahlawan Surabaya) dengan dipandu oleh Blontankpoer (Komunitas Blogger Bengawan Solo).


Yang paling menarik disini adalah sesi talk show, terutama tentang pembahasan Mas Gempur, Abdul Gopur dari TPC yang menyarankan para blogger untuk menyajikan sesuatu yang rumit seperti ASEAN misalnya kedalam bahasa yang lebih sederhana dan dapat dipahami masyarakat luas. ”mari menggunakan bahasa rakyat, yang hingga tukang becak, buruh gendong, buruh tani dapat memaknainya,” ungkapnya

Beberapa blogger yang hadir pun mengajukan pertanyaan kritis ke narasumber talkshow tentang tujuan dan harapan komunitas ini sebab realisasi ke depannya itu yang paling penting. Ada juga sharing pengalaman dari Mbak ollie dari nulisbuku.com yang bercerita tentang pengalamannya saat seminar ASEAN di Malaysia dan juga Mas Donny Bu dari ICT watch, internetsehat.org yang memberikan pengarahan tentang pentingnya memberikan media audio visual dalam blog yang bukan cuma menyajikan informasi berupa sebuah tulisan saja.

Mas Donny Bu menjelaskan tentang perlunya media interaktif berupa audio visual di blog

Harapan saya terhadap komunitas ini semoga kedepannya dapat mewujudkan cita-cita ASEAN dalam tiga pilar yaitu politik keamanan, ekonomi dan sosial budaya, karena jujur saya awalnya melihat ASEAN sendiri sebagai gerakan semu yang tidak memberikan solusi apa-apa saat terjadi permasalahan antar negara, tempo hari.

Dan akhirnya kerakyatan (people centred) melalui blog, sosial media juga kegiatan offline berupaya dan berinisiatif untuk maju agar ASEAN tidak hanya dirasakan manfaatnya hanya oleh kalangan elite semata. Sebab rumitnya sistem pemerintah dan birokrasi membuat kita kesulitan mencari tempat menuangkan curahan dan aspirasi rakyat
Dan lagi para Blogger / Narablog Indonesia harus bersyukur karena the power of blog menjadi sebuah kekuatan public yang sangar, hehe... dibandingkan negara lain.
Di akhir sesi acara ada pembagian doorprize berhubung saya berada di posisi paling belakang maka saat bagi-bagi kaos dari IBN (padahal udah maju kedepan loh... haha) saya tidak kebagian.

Bagi-bagi T-shirt keren

Tetapi tenang pulangnya kita pun diberikan oleh-oleh Goodybag dari idblognetwork berupa 3 buku dan pulpen idblognetwork. 2 buku tentang ASEAN dan 1 lagi Buku GOOD LAWYER yang berisi kumpulan cerpen hukum, di angkat dari ranah blogger (penulis dan juga blogger) yang tergabung dalam komunitas Rose Heart Writers. Keren euy bukunya, kapan saya bisa nerbit'in buku juga ya, haha

Sebelum bubar tidak ketinggalan saatnya photo bareng dan action!

Smile moment
Dokumentasi : Aseanblogger, Mbak Mubarika, Bang Amril, Om Jay, Dian Kelana, Dede Rohali dan saya sendiri dari hape jadul hehe

Artikel terkait :
Share:

9 comments:

  1. waduh, minder dan tegang euy :"> dapet doorprize \(^,^)/

    ReplyDelete
  2. mumpung ketemu di sana photo barengnya saya pajang haha

    ReplyDelete
  3. selamat ya doorprizenya. ga sia-sia bela'in datang sendirian :)

    padahal duduknya pinggir saya ya hehe

    ReplyDelete
  4. ngomong ngomong, tanggal 16 - 19 mendatang mau datang asean blogger ke bali ngga? :)

    ReplyDelete
  5. sebenarnya sih tadinya di ajak cuma karena saya udah ambil izin pas ke blogger nusantara di Surabaya saya engga bisa ikutan deh. padahal pengen banget

    ReplyDelete
  6. Senang juga ya bro isa hadir secara langsung saat deklarasi blogger asean... Btw nanti k Bali kan? Kita kopdar disana lagi bro :-) 

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. group blogger komunitas wilayah atau apa nih? kalo blogger komunitas wilayah bisanya ada di setiap kota kok tinggal cari informasinya aja tentang cara gabung.

      Delete