Thursday, December 23, 2010

Ngeblog Juga Sebuah Investasi


Sering saya mendapati sebuah artikel yang membahas tentang investasi berupa tulisan. Jika dilihat memang manfaat dari menulis itu sangat banyak. Baik yang dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Umumnya sebuah tulisan, entah itu berupa sebuah buku, artikel dan karya tulis lainnya memiliki sebuah potensi harta karun yang sifatnya jangka panjang, makanya disebut Kekayaan Intelektual yang dilindungi oleh negara.

Pada umumnya masyarakat kita memandang bahwa harta selalu indentik dengan materi belaka. Padahal harta itu luas cakupannya, para pendidik dan penulis biasanya sudah khatam betul masalah ini, makanya mereka berlomba-lomba untuk terus berkarya dan berkarya.

Disadari atau tidak sebenarnya blogging berpotensi menjadi harta kekayaan untuk diri kita kelak. Saya rasa itu alasan kuat sebagian para internet marketing, entrepreneur online untuk serius dengan profesi mereka. Gimana tidak, sebuah website mampu dihargai jutaan rupiah.
Blog sendiri terlahir dari sebuah jurnal personal yang memungkinkan dimiliki siapa saja, oleh setiap lapisan masyarakat dari kalangan berada ataupun kalangan tersisihkan dan juga tidak mengenal umur. Semua batasan menjadi tipis, tinggal bagaimana kita untuk pintar-pintar berinteraksi.

Boleh jadi sekarang memang hanya segelintir orang yang terjun bebas menjadi fulltimer dan sukses di bidangnya bahkan masih dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat tapi lihatlah ke lapangan dan di sana banyak generasi muda belia -kata halus dari ABG nanggung- kita yang sudah mengenal namanya internet. Apa jadinya 10 tahun ke depan?

Media pembelajaran pun sekarang sedang beradaptasi dengan perubahan yang ada. Bahkan materi blogging pun sudah masuk dalam daftar pelajaran di sejumlah sekolah-sekolah, walaupun cuma sekedar pengenalan dasar-dasarnya saja.

Nah, jika kita mulai dari sekarang dan menjadikannya peluang. Bukan suatu hal yang mustahil di masa yang akan datang, apa yang kita tulis di blog akan mendatangkan kekayaan tersendiri untuk pemiliknya.

Jadi apakah ngeblog bisa disebut juga sebagai investasi?

Image source from kompas.com
Share:

30 comments:

  1. Yup. Minimal akan jadi batu loncatan menuju ngeblog yang lebih serius

    ReplyDelete
  2. makasih, gan udah mampir. Jadi tersanjung Guru Besar singgah ke sini. :)

    ReplyDelete
  3. bisa banget mas..ada g yah yang pekerjaan utamanya negblog doang hihi..penulis mungkin yaa ^^
    makasih tas tulisannya :)

    ReplyDelete
  4. saya setuju mas, kalau blogging itu investasi....dan blog adalah modal, blogwalking adalah kerjaan investasi ^^

    willymerdiansyah dot com

    ReplyDelete
  5. ada. salah satunya contohnya yang saya kenal adalah Mas Agus Siswoyo. full-time blogger. Dan memang kebanyakan blogger yang serius ya cuma yang hobby nulis.

    ReplyDelete
  6. blogwalking kerjaan investasi???

    menurut saya justru menulis adalah kerjaan investasi sedangkan blogwalking adalah relasi :)

    thanks, gan udah mampir? :)

    ReplyDelete
  7. kalo saya mah ngeblog cuman aku jadikan sarana berbagi za kang, belom ada punya niatan tuk investasi nih.

    ReplyDelete
  8. Saya ngeblog masih buat klangenan aja dulu, Mas Andi. Target saya jangka pendek adalah hanya untuk melancarkan menulis aja dulu dengan blogging. Masalah nanti berubah menjadi investasi dan menghasilkan biarlah itu tujuan jangka panjangnya.

    ReplyDelete
  9. sama kok saya juga. nulis malah sebagai sarana curhat :D

    masalah investasi ya itu mah jangka panjang :)

    ReplyDelete
  10. hehe sama kok mas, saya juga hampir sama dengan sampean. ngeblog buat klangenan. adapun masalah investasi adalah jangka panjang. kelak jika sudah pensiun dari rutinintas pekerjaan atau umur udah senja, mungkin mengunakan sisa-sisa waktu hanya untuk berkarya lewat tulisan :)

    ReplyDelete
  11. tentu bisa, juga bergantung nawaitunya yg bisa berubah tiap saat :)

    ReplyDelete
  12. ngomong2 masalah nawitu yang bisa berudah setiap saat, saya setuju juga kadang dalam proses, selalu ada masukan yang membuat kita berpikir ulang dan memaksa kita merevisi sesuatu yang sebelumnya kita rencanakan :)

    ReplyDelete
  13. Setuju sakali karena dengan seringnya nulis akan membuat kita terbiasa dan akan mudah untuk memindahkan apa ang ada di benak menjadi sebuah buku. Maksudku kalau sudah sering nulis akan disatukan menjadi sebuah buku yang bisa dijual :D .

    ReplyDelete
  14. kalo bukunya best seller? :D

    ah tapi yang penting bisa berbagi ilmu. ya engga, mas?

    ReplyDelete
  15. iya dong pasti, investasi tuh banyak bisa berupa harga, karya, ibadah :D hehehe

    ReplyDelete
  16. ngeblog juga investasi, iya juga sih, tapi kalo ngga ada hasil yang di tuai di dunia??? #pesimis

    ReplyDelete
  17. segala sesuatu pasti ada timbal baliknya. saya rasa pasti bisa kok hasil di dunia maupun di akhirat :)

    ReplyDelete
  18. berawal dari kesenangan menulis dan berbagi, maka hasilnya bisa menjadi investasi tersendiri dalam dunia ngeblog, apalagi kalau mau difokuskan untuk berinvestasi, mencari dana via blogging...
    Sukses selalu ya...

    ReplyDelete
  19. iya bener, ngeblog juga bisa nge hasilin $ yaa

    ReplyDelete
  20. klo mau jadi investasi, mungkin lebih baik klo nulis sesuatu yang nggak cepat basi.... :)

    ReplyDelete
  21. ngeblog itu investasi krn kita menebar pahala di sini karena itu buatlah blog yg baik, jangan buat blog yang isi kontennya negatif karena itu sama saja artinya menebar dosa

    ReplyDelete
  22. mancari dana via blogging? hmm kayaknya seru tuh :D

    ReplyDelete
  23. kalo memang menekuni bisnis online tentunya :D

    ReplyDelete
  24. Aset-aset digital dan properti intelektual memang masih dipandang sebelah mata di Indonesia, tapi dengan banyaknya putera puteri bangsa yang melek teknologi informasi, 10 tahun lagi aset dan properti besutan anak bangsa yg konsisten mungkin akan dihargai lebih mahal dari sebuah perusahaan nasional.

    ReplyDelete