Friday, May 6, 2011

Memaksimalkan Potensi UKM se-ASEAN Di KTT ASEAN 2011

“Jumat, di Jakarta, Komunitas Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC) sepakat memperkuat sektor usaha kecil menengah (small medium enterprises/UKM)”.




Begitulah yang tertulis di antaranews pada paragraf pertama dengan judul “Mari Pangestu: Memajukan Ekonomi ASEAN Dengan UMKM”. Entah kenapa saya begitu tertarik dengan topik ini. Pasalnya ini merupakan angin segar untuk para Pengusaha Kecil Menegah khususnya dalam sektor industri kerajinan dan home industri.

"Perlu kebersamaan untuk terus mendorong partisipasi UKM dalam memanfaatkan integrasi dari ekonomi ASEAN karena terbukti kelompok ini memberi kontribusi signifikan dalam menopang perekonomian regional," Seperti yang dikutip dari ucapan Mari Pangestu, menurut saya setidaknya akan memberikan jalan dalam pengembangan UKM se-ASEAN di masa yang akan datang.

Dalam hal ini di sebutkan ada 7 pembahasan, yaitu :

1. Mengembangkan kebijakan peningkatan UKM,
2. Meningkatkan standar bisnis,
3. Membangun sistem informasi dalam rangka mempercepat penyesuaian bisnis.
4. Inisiasi program khusus UKM,
5. Pengembangan dan penyediaan pendanaan.
6. Pembentukan penasehat bisnis dan jasa manajemen keuangan,
7. Memperkuat kapasitas teknis kerjasama antar UKM, dan integrasi UKM dalam jaringan produk-produk regional ASEAN.

Jika saya lihat 7 point di atas nampaknya memang bagus juga, karena ini tentunya akan memperkuat ekonomi dengan membuat pasar dan meningkatkan produk-produk UKM lokal yang memang seharusnya mendapatkan perhatian banyak pihak.

Bahkan Menko Perekonomian, Hatta Rajasa menambahkan pelaksanaan Asean Fair dalam KTT Asean di Bali Oktober mendatang akan memberikan tempat bagi UMKM untuk mendapatkan pasar yang besar bagi sesama negara Asean.

Nah, bagaimana pendapat temen-teman semua tentang ini siapa tahu ada unek-unek, saran, kritik mengenai topik ini.
Share:

3 comments:

  1. Memang sejak lama ada upaya untuk mengangkakt UKM agar lebih mandiri dan mampu bersaing secara lebih baik. Hanya saja, saya kira yg harus dibenahi bukan hanya soal permodalan,tapi juga soal soft skill entrepreneur nya jg harus diasah. Saya masih yakin kalau produk2 UKM indonesia masih sangat bagus kualitasnya dibandingkan negara2 ASEAN umumnya... nah,tinggal lah strategy dan kemampuan bersaing kita yg perlu terus ditingkatkan....

    ReplyDelete
  2. Kalo membaca wacana tentang UKM, harusnya belajar dari negara china, yang pemerintahnya begitu mendukung perkembangan mereka, sampai-sampai barang sekecil jarum jahitpun bisa ekspor keseluruh dunia, tapi semoga dengan langkah-langkah diatas, bisa membantu perkembangan UKM di Asia Tenggara menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  3. @15f0d4bbbbc953fa4ea9de6a32e11f1e:disqus betul, gan semoga ke depannya semua ini akan bisa mengembangkan UKM tanah air kita ;)

    ReplyDelete