Saturday, January 22, 2011

Kewirausahaan Dan Bisnis Online part 3


Setelah 2 postingan sebelumnya mari yuk kita rangkum semuanya jadi satu. Mengapa konsep kewirausahaan perlu juga diterapkan dalam bisnis online? Sebelumnya saya mohon maaf jika penjelasaan ini kira kurang jelas atau mungkin kurang berkenan bagi para pengiat bisnis online senior. Disini saya masih pemula yang cuma ingin berbagi pemikiran dan unek-unek aja. silahkan ambil sarinya dan buang kulitnya. hehe

Mengupas mental kewirausahaan

Kewirausahaan sendiri adalah salah satu pilar ekonomi, dimana terbukanya lapangan kerja baru dengan cakupan lebih luas. Entah itu mulai dari yang terkecil sampai skala terbesar. Tentunya juga membutuhkan creator-creator baru dalam hal inovasi, managemen keuangan dan ketajaman bisnis dalam upaya untuk mengubah sebuah ide menjadi barang ekonomi yang menghasilkan profit.

Coba kita mengintip konsep Robert Kiyosaki dengan cashflow quardantnya ada 4 cara untuk memperoleh PENGHASILAN seperti gambar di bawah ini,


Penjelasannya,
  • E (Employee) : Mereka adalah yang bekerja pada orang lain.
  • S (Self Employed) : Mereka adalah pekerja bagi diri mereka sendiri. contohnya: Pemilik Toko, Pemilik small-business, Freelancer dengan keahlian tertentu, dsb
  • B (Business Owner) : Mereka adalah pemilik usaha. Mereka mempekerjakan uang dan menjadikan uang bekerja sendiri dengan membuat lapangan kerja bagi orang lain. Mereka tidak bekerja sekeras Employee apalagi Self Employed. Mereka selalu punya waktu luang.
  • I (Investor) : Mereka adalah pemilik modal dan banjir dalam masalah keuangan. Mereka selalu berpikir untuk menciptakan lapangan usaha-usaha baru.
Nah, kira-kira kewirausahaan ada di bagian mana?

Jika menurut pandangan saya adalah gabungan ke 3 diantaranya yaitu S + B + I = Self-Employed become Business Owner and be Investor for public advantage. Seorang entrepreneurship adalah pembuat roda usaha dari hal yang kecil dan mampu diaplikasikan untuk kehidupan nyata bukan hanya terpaku pada dunia maya.

Potensi kewirausahaan dalam bisnis online

Bisnis online seharusnya menjadi perwujudan bagi usahawan untuk mandiri dan berkembang. Contohnya Pebisnis UKM dan LSM yang padahal sudah waktunya mereka mengali pontensi ini atau jika kita belum bisa, cari dan lihat di sekeliling kita pedagang, pengrajin atau bisa juga para petani-petani yang terbelenggu oleh ketidakberdayaan ekonomi dan pengetahuan sehingga mereka tidak di monopoli oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan menciptakan pasar atau market dengan membuka jalan para pengusaha kecil untuk maju.

Kesalahan fatal bisnis online

Eit, ini adalah sebuah opini semata boleh diterima, boleh tidak. Kalau saya salah, mohon petunjuknya ya? Selama ini tampak sebagian orang terdokrin oleh para internet marketing tentang bisnis online. Beberapa bisnis online yang kita kenal selama ini dalam mindset yang sudah di setting ya cuma seputar itu-itu aja. Memang tidak ada yang salah tapi bisa jadi kita malah terbelenggu oleh system marketingnya dan tidak berusaha menciptakan peluang baru.

Hal ini akhirnya menjadikan kita melupakan potensi di sekeliling tempat tinggal kita dan melupakannya sehingga kita malah terpaku di depan komputer dan menjauh dari bersosialisasi bahkan bisa juga nekat berpromosi seenaknya kepada orang baru di internet yang seharusnya menjadi calon prospek jangka panjang seandainya kita melakukan pendekatan melalui pertemanan dan mulai melakukan Community Personal Building terlebih dahulu.

Dalam internet marketing sendiri kita di tuntut memiliki suatu produk dan kita justru terfokus pada pasar yang masih jauh dalam jangkauan. contohnya, kenapa tidak bidik dulu pasar di sekitar kita minimal di tingkat kota dan propinsi terlebih dahulu dan menjadi pengembang di startup untuk ecommerce lokal.

Hasil kesimpulan

Dengan ditumbuhkannya jiwa kewirausahaan dalam bisnis online setidaknya akan menjadikan berkembangnya bisnis sehat di internet sehingga tingkat kepercayaan masyarakat tentang bisnis online meningkat. Mereka yang terjun ke advertising online pun adalah pembisnis skala pengusaha kecil bukan mereka yang menjual mimpi.

Sebagai publisher atau pemilik blog yang berkarya dengan konten juga akan dengan sukarela memasang iklan sebagai bentuk peningkatan ekonomi negeri dan fokus pada karya mereka bukan malah fokus pada penghasilan dari PPC dan sebagainya yang meninggalkan mutu konten dengan menembak keyword seenaknya.

Ya, mungkin cuma itu unek-unek saya. Sekali lagi, ini adalah cuma konsep pemikiran belaka. Boleh menerima, boleh tidak yang terpenting adalah membumikan bisnis online untuk khayalak umum.

Berikut adalah masukan dari komentar-komentar yang masuk dan ada kaitannya.





Bagi yang punya unek-unek dan kritiknya, mari kita sama-sama tuangkan di sini.
Share:

27 comments:

  1. bener mas terkadang bisnis online yang beredar itu rancu dan ga mendefinisikan bisnis yang sebenarnya.. makasih atas penjelasannya ya

    ReplyDelete
  2. seep kang tambahannya ;)

    masalah "jasa pun bisa dijadikan produk yang menghasilkan" khan udah ditulis di part ke 2nya :D

    ReplyDelete
  3. PPC itu bukan tujuan. itu intinya. terpenting kita fokus ke konten blog aja, seperti di blog mas ardian mantep juga isinya apalagi tampilannya. :)

    PPC engga masalah sebagai pelengkap untuk semangat kita dan mungkin bagi pengunjung mensupportnya dengan mengkiliknya :D

    ReplyDelete
  4. nanti klo udah ada unek-uneknya ya, pak mars :)

    saya juga lagi belajar, pak :)

    ReplyDelete
  5. sep. kali ini ente engga spamming mode:on lagi :D

    yup itu bener. salah satu kesalahan terfatal juga :)

    ReplyDelete
  6. setuju, mas. bisnis memang tidak bisa di lakukan sambil lalu ;)

    ReplyDelete
  7. Membangun personal branding terlebih dahulu, itu gagasan yang bagus. Bisnis online kan bersifat virtual. Jadi bagaimana costumer akan percaya jika belum mengenal hal ihwal kita sebagai entrepreneurnya?

    Dan produk itu bukan semata barang, karena jasa pun bisa dijadikan produk yang menghasilkan :)

    ReplyDelete
  8. Potensi bisnis internet masih luas. Masih banyak celah yang belum digarap. Inilah PR bagi mereka yang berniat fokus di internet marketer.

    ReplyDelete
  9. Saya baru dalam hal ini, menyimak komentar-komentar yang masuk, jadi makin tahu kalau saya belum banyak tahu. Saat ini saya sedang PPC, sebuah rintisan, awal sekali, dan baru menyadari bahwa pengguna internet juga semakin pandai, selektif sekali dalam memilih walau sekedar untuk melakukan klik :D

    ReplyDelete
  10. Saya ikut belajar saja...
    Belum punya uneg2 yang sifatnya melengkapi.

    ReplyDelete
  11. maaf agak OOT tapi menurut saya ada nyambungnya juga dengan artikel diatas, kesalahan FATAL yang dibuat seorang newbie atau pemula di bisnis online..

    misalkan dia sedang bekerja di sebuah perusahaan dan gajinya sangat menjanjikan, namun karena passionnya mau bekerja sendiri tanpa disuruh-suruh lagi apalagi udah di sundul dengan sales letter - sales letter yang memperlihatkan rumah gede dan lain-lain, akhirnya di cabut dari kerjaan dan memulai dari nol bisnis online. Ini sebuah kesalahan fatal karena sebenarnya berbisnis online membutuhkan cash flow (ca elah berat nih bahasanya) tentu saja gaji dari pekerjaannya sekaranglah sumber modalnya, lah kalo gak kerja lagi bagaimana dong ? hehe siap-siap aja mati kelaparan kecuali kalau dewi fortuna mau menolong wakakkaa

    ReplyDelete
  12. Saya terus terang belum berminat kang, bukannya nggak mau, tetapi pekerjaan offline saja sudah membuat postingan belang kambing. Apalagi mau bisnis online, karena dalam pemahaman saya bisnis tidak mungkin dikerjakan sambil lalu.

    ReplyDelete
  13. Saya terus terang belum berminat kang, bukannya nggak mau, tetapi pekerjaan offline saja sudah membuat postingan belang kambing. Apalagi mau bisnis online, karena dalam pemahaman saya bisnis tidak mungkin dikerjakan sambil lalu.

    ReplyDelete
  14. sip, gan tambahannya :) jadi punya bahan buat posting besok :D

    ReplyDelete
  15. OOT ga apa-apa ya?
    Masuk ke setting kang terus klik apearance, lalu masukan kode css nya seperti ini, kita tekan jadi important.
    #dsq-content, #dsq-comments,.dsq-header-avatar, .dsq-drop-profile {font-family:Palatino,"Bookman Antiqua",Times,"Times New Roman";
    font-size:110% !important; }

    Setelah itu masuk ke blogger yang di edit html, jangan lupa di centang ekspand template, terus cari kode CSS disqusnya ada dua style pokonya cari de dekat javascriptnya
    #comments {display:none;}
    .post-comment-link { visibility: hidden; }

    Nah kalu udah ketemu pindahin ke CSS inline yang ada di blogspot taruh di atas ]]></b:skin>

    Selesai deh,,hehe

    ReplyDelete
  16. justru saya berterima kasih atas masukan yang berharga di atas.

    ReplyDelete
  17. kemarin aku sempat ketemuan dengan beberapa blogger di Surabaya
    ilmu yang aku dapatkan adalah "menulis itu perlu memperhatikan selera pasar"
    ini bisa dituangkan dalam aplikasi bisnis online
    secara kita harus juga tahu pasar yang lagi rame gimana
    kalo udah tahu, kita tinggal fokusin di sana

    ReplyDelete
  18. Sayangnya kalo pengusaha skala besar gampang cari investor, coba skala kecil pasti di lihat dulu dari atas ke bawah sambil mikir ribuan kali. :D

    Jadi Owner dan Investor harus merangkak dulu dari bawah dengan proses panjang. seperti mas joko sampaikan :)

    ReplyDelete
  19. caranya gimana ya? ajarin dunk atau ada referensi linknya mungkin ;)

    ReplyDelete
  20. Quadrant Robery Kiyosaki, yaa. pernah ane baca di blognya mashengky :D

    "dengan menembak keyword seenaknya." wkwkwk radak ngena neh LOL

    ReplyDelete
  21. Wah, foto saya kok ikutan mejeng di artikel ini. Mohon ijin untuk ikutan numpang keren di sini, Mas Andi :D

    ReplyDelete