Thursday, December 30, 2010

Hindari Spam dalam Berpromosi

Banyak cara untuk berpromosi apalagi sekarang fasilitas internet lebih memudahkan marketing dalam memperkenalkan produk atau jasanya, namun di sisi lain masih banyak marketing yang masih mengunakan cara-cara kurang terpuji dalam berpromosi. contohnya saja spamer yang sampai sekarang masih berkeliaran di dunia maya maupun dunia nyata.

Jika dalam dunia maya, marketing spamer biasanya menyerang inbox email dan kolom-kolom terbuka seperti komentar, buku tamu, atau dinding status di situs jejaring. Dunia nyata biasanya mengunakan sms sebagai sasaran.

Hal yang saya tidak habis pikir kenapa sebagian orang masih mengunakan cara tidak terpuji ini, karena selain akan merendahan reputasi sendiri, juga akan dianggap sebagai penipu. Walhasil boro-boro dibaca apalagi disimpan yang ada malah langsung didelete seketika.

Bila dalam dunia maya hal ini sudah umum tapi jika dilihat dari kasus pada kejadian spamer yang mengunakan SMS sebagai medianya, membuat resah pemilik nomor. Apakah ini disebabkan karena semakin murahnya tarif, banyaknya promo bonus SMS dan diperparah dengan gampangnya bongkar pasang kartu perdana?

Saya rasa marketing yang memiliki etika baik tidak akan melakukan hal tersebut, karena akan merugikan diri sendiri. Sama sekali tidak akan ada keuntungan justru mematikan usaha itu sendiri atau mungkin beranggapan berbisnis itu sebagai main-main?

Ada beberapa kemungkinan kenapa sampai sekarang masih banyaknya spamer hilir mudik dalam keseharian kita.
  • Bisnis atau produk yang ditawarkan adalah usaha sampingan
  • Belum mengenal konsep marketing dan pemasaran secara baik
  • Tidak serius dalam berpromosi
Nah, apa pendapat sobat-sobat tentang kasus seperti ini? posting ini terinspirasi dari thread kaskus di http://kask.us/5508758

Image Source : Google image by onestop-tech.blogspot.com
Share:

17 comments:

  1. hahaha kadang sya juga males mas..mbok y kalao komen nyambung gitu jangan nyepam :D

    ReplyDelete
  2. saya juga paling sebel sama spammer
    di blogku sering ada spammer yang namanya "Admin" yang dia komen panjang isinya cuma promosi les bahasa Inggris

    ReplyDelete
  3. Saat ini email spam sudah sangat gencar dikirim para internet marketer amatir yang lebih mirip spammer tulen ketimbang orang marketing yang sebenarnya. Biasanya cara termudah membedakan itu spam apa bukan, terus penawaran yang ditawarkan itu menarik apa tidak sebelum saya putuskan untuk membacanya, saya akan baca dulu To-nya. Jika model pengirimannya dikirim secara massal tanpa menggunakan autoresponder saya akan langsung delete. Saya tidak peduli seberapa menarik sales letternya, seberapa berbusa-busanya dia menawarkan saya tetap tidak akan percaya. Saya tinggal tekan tombol spam/delete. Selesai

    Saya pernah ada pengalaman lucu ada seseorang yang melamar pekerjaan ke email admin Diptara blog. Awalnya saya pikir orang nyasar tetapi tidak tahunya dia seorang spammer karena seringnya kirim email ke inbox saya dengan penawaran macam-macam.

    ReplyDelete
  4. Dalam rangka mengurangi sapmmer, saya sudah membuang pengaya email auto responder, karena banyak rekan blogger yang keberatan dengan email pemberitahuan tersebut.

    ReplyDelete
  5. Spam? On, no way.
    Tak ada yang lebih menyebalkan ketika menerima bejibun email dari orang sumber yang tak tentu asal-usulnya. Mana isinya ga jelas lagi. Kecuali kalau memang kita sudah subscribe, itu gak masalah, penting malah.
    Dan SMS itu juga, hadeh.. *garuk2kaki*

    ReplyDelete
  6. kalo spamer email memang jika TO banyak, langsung saya delete juga.

    hehe berarti spamernya kenalan dulu klo gitu :D

    ReplyDelete
  7. kalo email auto responder untukk pemberitahuan komentar balasan saya rasa penting om, engga usah dihilangkan.

    ReplyDelete
  8. curiga itu garuk2 kaki kenapa ya? :p

    betul kalo email atau sms hasil subscribe, saya rasa juga engga masalah :)

    ReplyDelete
  9. Iya, nih akhir-akhir ini banyak spam.. apalagi pas gabung milis... wuih... pernah suatu saat, dalam sehari belasan email masuk inbox. wah, bikin gregetan... tapi mau diapain lagi, ga kliatan orangnya.. hehhe

    ReplyDelete
  10. Iya, nih akhir-akhir ini banyak spam.. apalagi pas gabung milis... wuih... pernah suatu saat, dalam sehari belasan email masuk inbox. wah, bikin gregetan... tapi mau diapain lagi, ga kliatan orangnya.. hehhe

    ReplyDelete
  11. *kaburrrr ah
    ane dah ngerasa sebagai spammer, wkwkwk :))

    ReplyDelete
  12. itu mah bukan spamer, mas. kalo spamer itu promosi engga tahu tempat. kalo promosi blog sih engga apa-apa sekalian perkenalan. :p

    ReplyDelete