Saturday, October 27, 2012

Refleksi Hari Blogger Nasional 2012

5 tahun sudah Hari Blogger Nasional hadir, sejak pertama kali dideklarasikan pada 27 Oktober 2007 silam. Dimana bertepatan sehari sebelum Hari Sumpah Pemuda. Sampai detik ini pula masih saya temukan atau lihat di beberapa status dan komentar ada yang belum tahu sama sekali tentang Hari Blogger Nasional.


Atmosfer Blogging di Tanah air walaupun sebagian orang berasumsi telah surut dari masa jaya namun sampai sekarang aktivitas dan semangat blogging justru sebaliknya terlihat semakin gencar dan terus hidup. Karena makin banyaknya Blogger-Blogger yang terlahir di ranah maya beriringan dengan sosial media yang mulai mewabah ke seluruh pelosok tanah air.

Sampai saat ini mungkin baru Indonesia yang memiliki perayaan Hari Blogger Nasional dibandingkan negara-negara lain. Setelah mulai berkembang dan populer di tahun 2002. Sempat saya mencari referensi tentang hal serupa di negara lain tetapi belum saya temui.

Adapun yang saya dapatkan adalah "World Blogger Day" di worldbloggersday.org Hari Blogger Sedunia yang terlahir 2 mei 2010, artinya tetap Indonesia yang pertama kali. Jika membandingkan dengan negara lain, Kita masih memiliki nilai tambah, karena di negara lain tidak sebebas di negara Indonesia.

Sejarah Blogger Indonesia sendiri sudah menorehkan banyak sekali cerita mulai dari yang terpahit sampai termanis sekalipun. Seperti yang masih dekat dalam ingatan, kisah Prita, perayaan Pesta Blogger yang terakhir kali berganti On Off 2011, Blogger Nusantara dan lainnya yang menjadi catatan tersendiri.

Saya pun yang mulai mengenal Blog di tahun awal tahun 2008 dan akhirnya terhanyut ke dalam dinamika Blogger pada umumnya dan tersangkut di komunitas Blogger di tempat tinggal saya, hingga menjadikan pengalaman baru, mendapat teman dan rekan baru, bahkan jaringan relasi yang tidak disangka-sangka.

Refleksi kali ini tidak bercerita banyak dan panjang lebar hanya mungkin saya kepada diri saya pribadi mengenang sedikit dan flashback saat pertama kalinya mengenal dunia Blog itu sendiri. Mungkin apa yang saya alami tidak beda jauh dengan teman-teman semua yang senasib dengan saya yang terseret kedalam dunia menulis sebuah blog.

Selamat Hari Blogger Nasional 2012
Share:

6 comments:

  1. Refleksinya setali tiga uang sama ane nih kang hehehe
    Btw, yang penting jiwa blogger masih melekat dikandung badan. Maju teroos! :D

    ReplyDelete
  2. Wadduh, telat nih mu buat postingan tentang ni mas :)
    gak tau aku kalo 27 oktober itu hari blogger Nasional :(
    maklum newbie mas :(

    ReplyDelete
  3. semoga kegiatan kopdar di masing-masing komunitas tetap ada dan narablog baru terus bermunculan

    ReplyDelete
  4. selamat blogger indonesia lebih maju seharusnya dari negara lain

    ReplyDelete
  5. saya baru tahu kalau hari blogger jatuh tanggal 27 oktober

    ReplyDelete