Tuesday, July 31, 2012

Omar 'Umar Bin Khattab' - Behind Story

Lagi, lanjutan tayangan sahur di MNC TV setelah Kami Bukan Malaikat patut ditonton. Mungkin yang sudah menonton dari awal pasti sudah hapal Serial Kolosal “Omar (Umar Bin Khattab)”.


Kisah Sahabat Nabi yang mengisahkan sejarah Islam dan sejarah perjalanan Rasulallah SAW. Wajib disimak di Bulan Ramadhan ini. Film Serial yang ditulis oleh Dr. Waleed Saif dari kisah nyata ini diproduksi oleh 03 Production & MBC Dubai, dengan efek dan tayangan luar biasa. Subhanallah.

Berikut adalah cuplikan trilernya.

 


Rangkaian scene dramatis yang menarik dengan setting yang diambil di gurun Arabia. Berlatar belakang masyarakat Mekah pada abad ke-7 serta lingkungannya pada jaman tersebut. *Saya jadi teringat dengan games WarBand yang saya biasa mainkan, hehe.

Dan juga serial “Omar” yang berjilid 31 Episode, seluruhnya dibuat di Morocco dan Syiria. Tak tanggung-tanggung, serial ini didukung oleh ratusan aktor dan aktris dari 10 negara, serta melibatkan ribuan pemain pendukung lainnya.

Serunya Serial ini masih sangat gres dan pertama tayang di televisi. Yuks ah kita belajar sejarah Islam dari Film ini.

*kebetulan saya membuat posting singkat ini sambil menontonnya*


Update :

Setelah melihat lebih tehadap referensi yang ada ternyata Serial ini sempat membuat gempar dunia arab terhadap penggambaran sahabat Nabi yang menurut mereka dilarang. Sedangkan Film ini sebelumnya telah melalui musyawarah terlebih dahulu.


"Juru bicara MBC mengatakan serial itu telah mendapat dukungan dari beberapa ulama terkemuka. Itu termasuk ulama terkemuka asal Mesir, Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi." Sumber

"Musleh berpendapat ketimbang memprotes atau melarang penggambaran sahabat nabi, lebih baik membuat ukuran yang disepakati bagaimana sebaiknya penggambaran itu. "Aturan ketat harus diterapkan itu pasti. 

Dengan demikian, penonton diberikan informasi dan penggambaran yang tepat," kata dia. Sanaa Hashem, Asossiate Profesor Institute Film Kairo, mengatakan Islam tidak melarang penggambaran selain nabi. "Itu penting guna mendorong terbangunnya dialog terkait tokoh dan cerita sejarah dibaliknya," papar dia. Sumber

Setelah melihat penjelasan Juru bicara MBC benar adanya. Mungkin jika memang pengambaran sahabat nabi itu dilarang, harus dibuat ukuran yang disepakati agar tidak menimbulkan kericuhan.

Dan menurut pandangan saya yang masih awam ini, memang pengambaran Nabi jelas-jelas dilarang. Adapun sahabat Nabi belum ada patokan yang jelas alias samar-samar, makanya mungkin karena itulah Film oleh MBC ini diambil dari sudut Sahabat Nabi yaitu Umar Bin Khattab.

Lagipula memang di era sekarang ini yang serba digital. Film ini layak mendapat apresiasi karena disanalah kita bisa belajar tentang sejarah Islam sekaligus merasakan bagaimana perjuangan islam kala itu kepada para generasi muda.

Mudah-mudahan polemik tentang pro dan kontranya film ini dapat terselesaikan dengan mufakat para ulama dan ahlinya sehingga batasan-batasan itu dapat kita ketahui dengan jelas, agar syiar Islam bisa hadir di tengah-tengah kita.

Wallahualam bi shawab

* Adapun untuk thread official di kaskus bisa cek : http://kask.us/15548030 *
Share:

3 comments:

  1. sebenernya film ini kan hanya membantu kita menggambarkan suasana, jerih payah dan penderitaan sahabat nabi untuk membela agama kita. kalo nonton film ini kita jadi jadi tau bagaimana perjuangan sahabat2 Nabi jaman dulu.. bagus kok film nya..

    ReplyDelete
  2. ini film yang bikin merinding.. religius abis.. jika dibanding dengan film (film yaa bukan yg sesungguhnya) el fetih 1453 yang dibuat orang turki.. saya mah bih suka umar ini.. nuansa agamnya kental sangat dan menambah keimanan :)

    ReplyDelete