Sunday, February 5, 2012

Februari, Akhirnya Adsense Support Indonesia

Awal Bulan Februari 2012 ini merupakan menjadi bulan gembira bagi Blogger Indonesia. Setelah heboh di sana-sini semuanya membahas tentang telah supportnya Google Adsense untuk bahasa Indonesia, saya pun langsung memasangnya di blog ini. Banyak faktor kenapa saya wajib memasangnya karena ini merupakan penantian lama saya hehe...

roda ekonomi

Ini bukan cuma karena alasan untuk memonetize blog saja tetapi merupakan sebagai awal baru untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia sendiri. Seperti yang pernah saya tuliskan di postingan terdahulu tentang "Blogger dan Advertising" dan "Bisnis Online Pendongkrak Pertumbuhan Ekonomi" memiliki keterkaitan.

Dengan diresmikannya Bahasa Indonesia oleh raksaksa advertising dunia ini setidaknya merupakan sebuah kepercayaan tersendiri karena Indonesia dinilai menjadi salah satu negara yang diperhitungkan. Jika mengutip beberapa kalimat dari blog Inside AdSense kemarin.

"We’re glad to announce that Indonesian has just joined the family of AdSense supported languages. Let’s celebrate by raising our hands in a kecak dance, watching a wayang kulit show or cooking traditional Indonesian recipes."

Salah satu indikasi negara kita telah menjadi dikenal dekat diluar sana. Dan sekarang saatnya untuk Blogger kembali mengeksplor tulisan-tulisan yang lebih produktif lagi.

Tetapi bukan berarti dengan telah supportnya Blog indonesia, TOS dan peraturan langsung dilanggar dengan melakukan banyak trik nakal. Banned massal dan dicabutnya kembali support blog Indonesia ini pun bukannya tidak mungkin jika ternyata akhirnya hanya akan menghasilkan click fraud di atas 50%.

Jika melihat dari 2 sudut pandang sebagai publisher dan advertiser.

Sisi Publisher :

Tetap memperhatikan kenyamanan pembaca, ini adalah nasehat sahabat blogger saya. Yup, saya rasa ini bukan rahasia lagi terkadang banyaknya iklan yang bertebaran dengan pop up yang bertebaran secara berlebihan selain memberatkan loading juga membuat tidak nyaman ketika membacanya. Sebaliknya jika ditampilkan secara tepat akan mempercantik tampilan website itu sendiri.

Sisi Advertiser :

Untuk UMKM / Wirausaha mikro saya rasa Adsense saat ini dapat menjadi sarana untuk ekspansi usahanya dengan memperluas jangkauannya dengan berpromosi setiap blog-blog indonesia yang memiliki keyword atau  tema serupa.

Nah, dilihat dari 2 sisi tersebut satu sama lain menjadi roda pertumbuhan ekomoni. Publisher dengan secara tidak langsung membantu pertumbuhan wirausaha di Tanah air dan mendapatkan penghasilan, Pengusaha mulai dari skala besar dan kecil dapat berpromosi lebih luas kelapisan masyarakat.

Tentunya jangan sampai 2 roda ini tidak seimbang dengan kecurangan-kecurangan yang mengakibatkan click fraud di atas 50% karena kasihan untuk para advertiser skala kecil yang bermodalkan pas-pasan. Juga sebaliknya jangan sampai membuat konten iklan yang menyesatkan yang akhirnya para publisher juga malas menampilkan iklan.

Saya rasa entah itu beberapa tahun kedepan mungkin kepercayaan masyarakat untuk berinvestasi / bertansaksi di internet atau secara online lambat laun akan semakin besar. Bukan begitu?

Mari kita sambut kabar gembira ini dengan semangat ;)

Ilustrasi : Google Images by surabayaforex.com
Share:

17 comments:

  1. Gimana cara daftarnya si Om?? Hadohh saya ketinggalan banget nih tentang beginian.. Nanya di komunitas malah di lempar2. :D

    ReplyDelete
  2. kalo wordpress.com ga bisa bwt iklan yah om ?

    ReplyDelete
  3. @ dede rohali : loh bukannya udah sering dibahas di group. tinggal register aja kok di website adsensenya cuma sekarang agak ketat. ini saya pake akun yang saya daftar 2 tahun lalu.

    @ Agam : kalo wordpress.com jangan coba2 di monetize bisa-bisa langsung di suspend akunnya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah saya ga bisa ikutan doong.. masih ngontrak di wordpress.com

      Delete
  4. asik nihhh akhirnya penantian itu bersamaan dgn blog baru saya haha momen yg pas banget dah :P

    ReplyDelete
  5. Kalo GA itu kan udah sering tuh saya baca, biasanya ada saja orang iseng yang sengaja bikin klik fraud supaya akun kita dibanned.

    Cara ngatasinnya supaya nggak diisengin orang gimana ya?

    ReplyDelete
  6. @jay boana : yup, hehe sampean lagi mujur. blog english kena suspend hostingnya eh blog indonesia langsung support :D

    @Isnuansa : menurut wejangan dari yang master sih, kita harus cek tiap kali ada klik yang mencurigakan dan melaporkannya secara langsung ke pihak adsense sehingga terhindar dari banned atau sandbox.

    bahkan lebih sadis lagi karena banyaknya klik berlebihan dari suatu negara dia langsung blokir ip negara tersebut untuk beberapa bulan.

    ReplyDelete
  7. horeee adsense udah support bahasa Indonesia :D
    bener juga ya, ini merupakan satu langkah maju buat perekonomian Indonesia ternyata masih ada korelasinya, nice om :D

    ReplyDelete
  8. semoga pemasang iklan premium dari indonesia juga tergerak untuk memasang iklan melalui google adwords.

    ReplyDelete
  9. Mantep kang. Sip markusiiiip :D Moga2 ini sebuah awal yang baik bagi kemajuan dunia advertising dan blogosphere Indonesia, amiiin.

    Ehem, kopinya mana nih? :D

    ReplyDelete
  10. Tiba-tiba tergerak untuk main GA lagi. Semoga benar-benar bisa konsisten Google nya mensupport Bahasa Indonesianya. Buat kang Darin... yuk ngopi bareng di Denpasar.. he he he..

    ReplyDelete
  11. kayaknya aku cuma cukup jadi penyimak aja kang, entahlah kelak dikemudian hari :D

    ReplyDelete
  12. @ramy : semoga bisa bertahan lama dan engga di cabut lagi supportnya :p

    @kang kombor : kalo yang premium mah kayaknya udah banyak yg start duluan :)

    @Darin : aminn... eh iya kopinya mana nih ya? lah yang juragan kopi kan kang darin? :p

    @Andry Sianipar : cihuyyy ngopi bareng sambil gelar tiker mantep, bli. wah jadi kangen suasana di twitter tempo dulu.

    @Die : kalo akhirnya kepincut ane engga ikutan loh ya? :D

    ReplyDelete
  13. Bisa ngeblog sambil nyari duit ya Sob ? he....x9 keren banget dah !

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam sukses juga. terima kasih udah mampir, mas :)

      Delete
  14. Semoga blogger Indonesia bisa memanfaatkan kesemapatan ini namun dengan cara yang elegan bukannya melakukan click fraud...
    Selamat berburu $ (walaupun harga HPK masih sangat kecil)

    Btw kalau saya lihat di bagian bawah ada iklan dari IBN ya bro? Apa itu ngga melanggar TOS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap berburu juga :D

      TOS IBN apa TOS Adsensenya, bro? Belum ngeh

      Delete