Saturday, July 23, 2011

Perbedaan Cara Networking Lebah dan Nyamuk

Menurut penelitian para ilmuwan biologi, tingkah laku lebah saat bertemu dengan bunga yang banyak sari madunya tidak akan langsung diisapnya. Lebah pencari ini akan kembali ke sarang mereka terlebih dulu untuk memberi tahu kawan-kawannya bahwa ada madu di satu lokasi tertentu. Kalau sudah bertemu dengan teman-temannya, barulah lebah tersebut secara bersama-sama mengambil sari madu tersebut dan mengumpulkan ke sarangnya. Tindakan yang jauh dari kata serakah, tamak maupun egoisme. 

Jika hal ini diterapkan dalam dunia usaha, inilah yang disebut dengan membangun nilai-nilai kebersamaan untuk tujuan membangun kekuatan massal yang luar biasa. Saat mendapat informasi yang berharga, dia tidak akan menyimpannya sendiri atau memakai untuk tujuan pribadi. Dia tidak segan-segan berbagi dengan orang lain demi kebaikan bersama. Hasilnya pun akan dipakai untuk tujuan kemajuan bersama.


Beda lagi dengan perilaku nyamuk saat mendapatkan "rejeki" dengan menjumpai orang yang sedang tertidur tanpa memakai krim penolak nyamuk maupun kelambu. Saat mendapatkan kondisi enak inilah nyamuk akan langsung mengisap darah manusia tanpa menoleh kanan kiri terlebih dahulu. Sudah begitu tempat mengisap juga bukan di satu titik, seekor nyamuk bisa menclok sana menclok sini untuk menghisap sebanyak mungkin darah manusia.

Itulah yang terjadi kepada pelaku usaha yang tidak memiliki etika dalam pergaulan dengan sesama pebisnis lainnya. Semua kesempatan usaha akan dilibas untuk memuaskan nafsunya sendiri saja. Mungkin dia lupa bahwa hidup bukan hanya hari ini saja, masih ada hari esok yang lebih menantang dengan segala kemungkinan peristiwa yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Selain itu, kehidupan sosial juga mengajarkan adanya tenggang rasa dan menjaga keharmonisan dengan lingkungan yang ditinggali.

Mungkin Anda akan khawatir mengalami kesusahan hidup kalau sedikit-sedikit diajarkan untuk berbagi. Percayalah, berbagi tidak akan membuat Anda jatuh miskin. Contoh nyata adalah Google yang banyak memberi gratisan kepada pengguna internet dunia justru menjadi salah satu perusahaan yang mengalami pertumbuhan profit paling spektakuler selama beberapa tahun terakhir.

Bagaimana dengan Anda? Apakah selama ini telah menjadi seekor lebah yang banyak membantu teman atau justru berperilaku layaknya nyamuk yang suka bersenang-senang sendiri?

Penulis: Agus Siswoyo
Sumber Gambar: irwantoshut.webs.com
Share:

0 komentar:

Post a Comment