Thursday, February 17, 2011

Eksplorasi Potensi Pertambangan Banten

Saat kemarin saya menulis tentang potensi pariwisata lokal, entah kenapa saya kepikiran juga untuk menelusuri potensi pertambangan lokal. Ini karena bulan januari 2011 lalu perusahaan tempat saya bekerja kesulitan stok pasir, sehingga terjadi kenaikan harga padahal potensi pertambangan pasir di Banten amat luas dan memang beberapa pasir untuk beton harus melalui test uji coba terlebih dahulu.

Gambar 1

Dari situ timbul ide, kenapa tidak saya menuliskannya juga di sini?

Saat saya mencari data tentang pertambangan di Banten saya akhirnya menemukan sumber yang membuat saya terkejut juga, pasalnya Banten memiliki potensi pertambangan emas yang lumayan juga. Kaya juga ya Banten ini hehe... juga beberapa potensi lainnya.

Gambar 2 ( klik untuk memperbesar )

Bahkan saat mencari data pada websitenya dinas kebudayaan dan pariwisata provinsi Banten di bantenculturetourism.com ada referensi tentang Tambang Emas Cikotok yang terletak di cibeber kabupaten Lebak. Bagaimana jadinya jika gerombolan blogger melakukan kunjungan dengan menyerbu target tersebut ya? haha

Gambar 3 ( klik untuk memperbesar )

Oke, setidaknya ini adalah sebuah wacana semoga menjadi inspirasi sahabat semua dan tunggu saja kelanjutannya.

Image source
Gambar 1 : petrosea.com
Gambar 2 : simpotda.bantenprov.go.id - pertambangan objek
Gambar 3 : bantenculturetourism.com
Share:

23 comments:

  1. WOW!! saya pernah kerja di sana loh, di geo komputasi mnasalah sedimentasi mineral calcopyryt.
    Photonya pernah di pajang di blogger admin bersama akhmad syafuan selagi menjabat geologi untuk bagian geologi struktur dan peta kontur, itu saya yang printable kompinya. hehehe..

    Kalu menenggapi natam dana bayah yang sekarang menjadi ladang itu lebih ke tufa di bandingkan calcopiryt, karena urat kuarsa ketika di scan tidak lagi mengalami tanda yang baik.
    Begitu juga rapuhnya sediment yang sekarang mungkin saya ga tau lagi itu 7 tahun yang lalu namun menurut saya sedimentasi kuarsa masih bagus. Dengan mengukur sesar dan kemiringan struktur geologi ini masih memungkinkan.

    Yang perlu di perhatikan instansi dan lapangan kerja agar jangan banyak GURANDIL...bayah dulu pernah memberikan putra daerah namun entahlah sekarang.

    Itu tembus dari pulau seribu ke pulau panjang jika kita amatai di geo komputasi tentang struktur sesarnya. Namun..yah,, mohon juga di perhatikan limbahnya dan perhatikan lingkungan sekitar tentang bahaya itu...

    Dan satu lagi jangan banyak KORUPTOR DAN KORUPSI DI DALAMNNYA..
    SEKIAN UNTUK CIKOTOK DAN SEKITARNYA.

    ReplyDelete
  2. sik asyik ada yang paham nih. mungkin kita bisa chat bang hendro nanti untuk mempelajari situasinya.

    saya pribadi akan melihat dengan kacamata warga negara biasa dari segi potensi kekayaan alamnya sehingga kita tahu indonesia itu kaya raya dan wajib melihat potensi alam kita itu seperti apa.

    masalah koruptor dan korupsi itu kayaknya tidak akan lepas dari lini pemerintahan kita. dimana ada gula di situ ada semut.

    ReplyDelete
  3. Boleh kalu bisa main bareng ke sana, dah lama saya banyak teman di sana, kangen juga. Dan itu foto alias gambar saya pernah nyolong pisang ama si asep dan gurandil situ.wkwkwkwk..
    cuma dibelakang situ masih ada lumpur yang ga pernah di urus entahlah sekarang.
    Yah, buat siapapun di sana terutama para geologist yang sedang ada proyek sebaiknya perhatikan mata bor yang baik agar tidak terjadi kerusakan alam. Dan juga AMDAL "Analisis Dampak Lingkungan Hidup"
    JANGAN ASAL NGEBOR TERUS DI TINGGALKAN
    Kasihan urat kuarsa yang tersisi itu kan bisa jadi mineral calco yang baik. Bahkan emas dan nikel.

    Terus ada lagi jangan nyolong pisang warga situ..wkwkwkwk.
    Saya kualat laptop jatoh ke kali..hehehe

    ReplyDelete
  4. Cibeber medannya terjal kalu bisa kirim tim survey terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  5. Jika bisa digunakan untuk masyarakat di sana mengapa tidak? Tapi pengelolaannya itu lho, kadang hanya menguntungkan pihak-pihak pemilik modal saja :(.

    ReplyDelete
  6. Yang banyak terjadi pertambangan meninggalkan lingkungan, AMDAL hanya sebatas syarat pengurusan ijin saja, reklamasi apalagi

    ReplyDelete
  7. Berkaca dari sini seharusnya pertumbuhan pembangun di Prop. Banten bisa melesat, masa kalah sama Gorontalo yang hanya mengandalkan jagung.... ini kan tidak logis... :-)

    ReplyDelete
  8. kalau saya tidak banyak tahu soal kawasan banten, tpmembaca potensi banten yang disebut kan itu rasanya harus di gali lagi lebih dalam akan adanya potensi tersebut siap tahu saja masih ada potensi2 yang lainnya lagi

    ReplyDelete
  9. saya baru tahu kalau banten ada potensi tambang he he

    ReplyDelete
  10. wah berarti harus di survey dulu ya, bang Hendro

    ReplyDelete
  11. lah kok bisa jatoh ke kali, bang Hendro :D

    yuks nanti kita ke sana bareng, kan bang Hendro udah pernah ke sana pasti minimal ada teman juga di sana buat numpang makan haha

    ReplyDelete
  12. iya, Bli Cahya. yang namanya pengelola pasti berat sebelah

    ReplyDelete
  13. hehe kayaknya Mas tony udah hapal + tahu hal beginian :D

    ReplyDelete
  14. potensinya masih banyak lagi siapa tahu jadi modal posting buat setahun :D

    ReplyDelete
  15. Asal nanti ndak berujung ala masalah Freeport saja.

    ReplyDelete
  16. Serius mau ke Cikotok? Mumung teman sekelas saya waktu kelas I SMA masih jadi Wakapolres Lebak.

    ReplyDelete
  17. Mudah-mudahan dalam 3 bulanan dapat terlaksana, om. kita lihat saja nanti ;)

    ReplyDelete
  18. Sudah dipertimbangkan efek pengerukan tambang terhadap lingkungan sekitarnya?

    ReplyDelete
  19. Salam kenal
    Saya Lina mahasiswa Teknik Metalurgi..
    kebetulan saya gi nyari bahan untuk TA saya,,
    nice info gan ;)

    ReplyDelete
  20. Salam kenal juga pak Andi Sakab..., saya baca komentar anda ttg potensi banten, saya punya lokasi/lahan yang mengandung bijih emas di kecamatan Baros - Kabupaten Serang, hasil Uji Lab sudah ada, dikedalaman 8 mtr memiliki kandungan 0,31 grm/ton - bahan diambil dari galian sumur untuk nimba air. mohon bantuan Pak Andi, saya harus gimana.

    ReplyDelete