Sunday, January 30, 2011

Dukung Pariwisata Lokal Indonesia


Saat ini yang banyak diminati oleh para narablog tanah air ialah seputar teknologi dan internet. Padahal jika melihat potensi sebenarnya tema di bidang pariwisata masih terbuka lebar, apalagi wisata lokal tanah air yang saya rasa masih benar-benar terbuka lebar sekali.

Membuat sebuah blog dengan mengangkat wacana tentang wisata lokal yang ada di sekitar kita setidaknya memberikan khazanah lebih banyak lagi untuk mengenal lebih dekat potensi-potensi di pelosok daratan indonesia. Ada beberapa yang sudah memulai namun sebagian di antaranya penggarapannya masih setengah-setengah, bisa jadi karena tercampur tema lainnya yang lebih dominan tapi setidaknya sudah mencoba ke arah sana.

Biasanya memang kendala terbesar adalah kurangnya informasi dari pihak pengelola pariwisata lokal tersebut. Nah, sebagai narablog kenapa tidak kita coba mulai menelusuri bahkan siapa tahu sambil belajar sejarah jika memang tempat wisata lokal tersebut memiliki nilai historis.

Ayo siapa yang mau ikutan? hehe soalnya kedepan mungkin sekalian di blog ini akan saya coba menelusuri potensi bisnis pariwisata lokal di sekitar Tangerang, sebagai penghilang rasa jenuh ngeblog yang berkutat terus di depan komputer dan rutinitas kerja.

Lagi pula bukankah pariwisata merupakan salah satu penyumbang ekonomi terbesar devisa negara ini dan juga masyarakat sekitar?

Image source : wisatalokal.com
Share:

39 comments:

  1. saya settuju sob, soalnya kalo saya habis jalan-jalan ke tempat wisata trus posting ternyata netter yang membuka juga banyak. Misal Jatim Park, Taman Safari dll.

    ReplyDelete
  2. benar sekali, niche informasi parawisata belum banyak digarap di ranah blogger dalam negeri. Padahal kebutuhan untuk plesiran pasti dimiliki oleh orang banyak.

    Ayo mas, jadi pioneer di niche ini dari legiun #bloggermalam ;)

    ReplyDelete
  3. Kang Andi yang bilang abis jalan2 langsung kayak bisul, eh... jerawat yang harus diletuskan... hehehe...

    ReplyDelete
  4. saya layak dan harus mendukung keinginan mas andi utk mengangkat potensi pariwisata lokal. ini sebuah contoh bagaimana blogger berperan dalam mengangkat nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalamnya. salam kreatif.

    ReplyDelete
  5. wah..kalau saya backpacker kelas amatir mas...
    hampir semua tempat wisata di jawa sudah pernah saya kunjungi,hanya ujung kulon saja yang belum...
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    tapi ide bagus tuh,bongkar arsip dulu ah,cari dokumentasi tempat wisata yg pernah aku kunjungi lalu bisa bikin blog dengan tema khusus.."pariwisata"..

    ReplyDelete
  6. Kalau bicara pariwisata, harus bicara tentang Bali donk....
    saya rasa investasi di bidang pariwisata adalah salah satu pilihan terbaik dan cepat BEP nya..

    ReplyDelete
  7. Sudah pernah berkunjung ke blog pariwisata saya belum? Jalan jalan yuk dot com... *kedip2*

    ReplyDelete
  8. Saya kalau habis jalan-jalan suka menulis tentang tempat yang saya kunjungi walaupun tidak menuliskan sejarah tentang situs yang dikunjungi. Kadang-kadang saya hanya menikmati suasana dan pemandangannya saja tanpa merasa ingin tahu riwayat situs itu. Ya, paling tidak foto-foto disertakan lah...

    ReplyDelete
  9. Jadi kapan bikin crop circle di Tiga Raksa?
    Hehehe...

    ReplyDelete
  10. wah kalo ada yang bisa bikinnya kenapa engga? :D

    ReplyDelete
  11. kalo bali itu biangnya pariwisata karena memang sudah terkenal :)

    ReplyDelete
  12. berpengaruh ke mesin pencari juga ya, mas ;)

    ReplyDelete
  13. ayo mari kita menulis tentang wisata lokal di sekitar kita :)

    ReplyDelete
  14. ayoo dukung pariwisata lokal indonesia.. syukur2 trus malah buat blog khusus untuk pariwisata mas

    ReplyDelete
  15. wah sebentar lagi kang Andi merambah dunia perpariwisataan ni keknya? Di daerahku ada Ciwidey dengan kebun strawberrynya, di Pangalengan ada Situ Patengan....mau pilih yang mana:) ?

    ReplyDelete
  16. ide bagus ... bisa dapet fulus, asal jangan kayak gayus :lol:

    ReplyDelete
  17. benar sekali Ise Mas dan Mungkin dengan ini Penulis tak kan Kehabisan ide Namun kehabisan sumber informasi, Jika sendirian ,

    ReplyDelete
  18. wah potensi pariwisata ciputat bagaimana? yg aku tahu disini macet dan pasar ciputat penuh sampah :D

    tapi idenya boleh juga, siapa tahu dapat trafik dari warga tangerang :D

    ReplyDelete
  19. yup kalo sendirian malah cenderung cepet bosen

    ReplyDelete
  20. wah andai aku jadi jayus pasti udahan engga ngeblog lagi :D

    ReplyDelete
  21. pengennya gitu cuma gimana ya ini aja udah kebanyakan :D

    ReplyDelete
  22. "dalam berbisnis kecepatan dalam mengambil keputusan dan tak action dalam menyalurkan ide harus dilakukan dengan cepat!"

    saya kemarin juga berpikir untuk membuat web khusus untuk mengulas wisata2 yang ada di indonesia mas, tapi masih bersumbu di pulau bali sih :), tapi saat ini masih nangkring di localhost

    mungkin diluar banyak pula blogger2 yg memikirkan hal serupa dengan kita mas

    ReplyDelete
  23. bisa jadi seperti itu pastinya banyak di sana yang satu pemikiran dengan kita :)

    ReplyDelete
  24. potensi wisata di negara kita sangat potensial. Saya kira potensi itu harus di kelola lebih baik lagi

    ReplyDelete
  25. iya... aku dukung 100%.
    aku dari pangkalpinang. disini, khususnya Provinsi Bangka-Belitung, terkenal dengan wisata pantainya yang alami... ayoooo... datang ke BABEL

    ReplyDelete
  26. kalo di undang plus transportnya mau banget hehe :D

    ReplyDelete
  27. ide bagus ... bisa dapet fulus, asal jangan kayak gayus :lol:

    ReplyDelete
  28. setuju banget pokoknya pariwisata indonesia harus bangkit demi menciptakan lapangan pekerjaan lumayan nambah devisa negara juga iya kan, i agree with that, semangat!!!

    ReplyDelete
  29. apalagi kalau daerah tangerang di berikan kesempatan untuk memajukan pariwisatanya di jamin masyarakat Tangerang bisa memajukan daerahnya sebagai salah satu obyek pariwisata di tanah air, hidup Tangerang!

    ReplyDelete