Sunday, January 16, 2011

Bisnis Online Itu Ada Masanya

Jika kita melihat bisnis-bisnis yang bertebaran di internet ternyata tidak sebooming beberapa tahun lalu. Bahkan ada yang sekarang lenyap entah kemana? Bukan itu saja, sebuah bisnis yang dulunya bisa menghasilkan ribuan dollar setiap hari sekarang mengalami krisis penurunan income yang tidak stabil.


Kenapa ya? bukankah sekarang penguna internet kian hari semakin meningkat tajam?

Satu hal yang pasti dan harus di ingat, meningkatnya penguna internet bukanlah berarti bertambahnya calon target prospek tapi sebaliknya mempersempit peluang untuk mempromosikan sebuah bisnis, karena mereka semakin jeli dan pintar memilih.

Itulah mengapa Bisnis online itu punya masa jayanya. Boleh jadi yang telah terjebak dalam jebakan betmen adalah mereka yang masih lugu dan polos tapi bukan berarti mereka akan selamanya jatuh pada lubang yang sama bukan? Justru waspadalah karena yang tadinya adalah prospek bisa berubah menjadi pembunuh bisnis itu sendiri.

Sekali lagi jangan pernah menganggap bahwa pengguna internet itu adalah orang bodoh. Saya rasa jika masih ada berkeliaran ajakan-ajakan bisnis yang boleh dibilang belum jelas dan cenderung mencurigakan, siap-siap mendapat black list.

Apakah semua bisnis online itu tipu daya?

Tidak juga, karena bisnis online itu adalah bisnis nyata. Buktinya banyak yang berhasil dibidangnya masing-masing. Hanya saja sedikit yang bertahan karena dalam seleksi alam hanya sedikit yang mampu lulus.
Rahasia yang berhasil lulus seleksi alam adalah mereka yang mampu melakukan realisasi keseimbangan antara kreativitas dan sosialisasi online maupun offline.

Kenapa saya bisa bilang begitu? sebab bisnis online itu tidak ubahnya bisnis offline yang kita kenal selama ini hanya saja medianya berbeda. Jadi bisnis online bukanlah hal yang harus dianggap baru dan tabu.

Dalam bisnis seperti kita tahu, ada yang sukses dan banyak juga yang gagal dan bisnis juga tidak selalu ada di atas.

Postingan ini terinspirasi dari artikel Pak Mars tentang "Tips Menghasilkan Uang Lewat Internet Paling Realistis" dan melihat fenomena di internet kebanyakan.

Image Source : Google Images by gerakankritis.blogspot.com
Share:

51 comments:

  1. Saat ini bisnis online seperti jualan ebook tentang penghasilan cepat dari internet sudah berkurang peminatnya mas.
    Karena semakin banyak orang yang lebih pintar. Jadi mereka tidak terjebak lagi dengan rayuan and kata-kata yang menurut saya berlebihan dan bahkan ga masuk akal itu.
    Lambat laun akhirnya bisnis tipu-tipu seprti itu akan hilang sendirinya.
    Dalam dunia online harus lebih dituntut untuk kreatif, karena perubahan lebih cepat di banding secara offline.
    Tinggal siapa yang kuat yang akan bertahan dengan inovasi-inovasi barunya.
    Just My Opinion kang :D

    ReplyDelete
  2. Setuju, bahwa bisnis online pada dasarnya cuma hasil pemindahan tempat dan metode saja dari bisnis offline. Kelebihan secara online ialah tidak terikat pada ruang dan waktu. Jadi bisa lebih fleksibel dan bisa serba otomatis.

    Bisnis penjualan ebook ala uangpanas, bikinduit, dan formula bisnis sepertinya tidak sebooming beberapa tahun silam. Salah satunya karena produknya mudah tersebar secara gratis dan sudah banyak yang diedukasi oleh berbagai tulisan di blog.

    ReplyDelete
  3. Ya saya sepakat, sekarang aja udah mulai sepi..

    ReplyDelete
  4. wew,, dulu saya juga pernah sempet ketipu mas sama bisnis online, yah meskipun pengguna internet makin banyak, tapi masyarakat pasti sudah mulai paham soal begituan,, musti selektif lah kalau milih bisnis online,, :D

    ReplyDelete
  5. Mungkin masih banyak juga yg berbisnis online (baca: buka toko online) tapi masih pake mindset toko offline. Padahal masing2 punya karakter, kelebihan, dan kekurangannya masing2...

    ReplyDelete
  6. yang saya lihat sekarang bisnis online sudah berkembang dengan salah kaprah dalam pengartiannya....
    asalkan di internet,sudah di anggap bisnis online...bahkan PPC dan PTC,review sekalipun sudah di anggap bisnis online,entah menggunkan logika darimana hingga pada akhirnya salah kaprah sedemikian parah...
    "bisnis adalah kegiatan menjual barang dan jasa kepada konsumen"
    dan memang ada beberapa point kelebihan bisnis online di banding offline,dan point itu sudah di sebut oleh Mas Is...

    Apakah semua bisnis online itu tipu daya?
    stigma ini juga melekat karena polah sang kreator bisnis online itu sendiri dan ekspetasi berlebihan dari pengikut bisnis online itu sendiri..kesalahan ada di ke 2 belah pihak...tidak bisa menjustifikasi kesalahan pada pelaku bisnis online...

    kasus ebook kaya mendadak atau mesin sedot uang dari internet misalnya,pelaku bisnis sesungguhnya adalah sang penjual ebook,tidak bisa di katakan penjual ebook menipu,karena di hanya menjual yang secara jelas dan nyata ada bukti fisiknya [jika di print out],ketika kemudian isinya ternyata biasa saja dan tidak membikin yang membeli ebook berhasil,apakah lantas itu bisa di sebut menipu?tidak bisa,mereka hanya penjual ebook bukan penjual keberhasilan...

    kalau sang pembeli ingin kaya juga,lakukan hal yg sama,jual ebook yg sama via fasilitas online dengan mencari korban berikutnya,itu juga bisnis online walaupun di lakukan dengan cara kotor...

    tapi memang lambat laun akan mencapai masa pudar,ketika kemarin mencapai masa jaya,sekarang saatnya bisnis online tiarap dulu,karena semua sudah menjadi korban dan akhirnya para korban juga mencari korban balasan,pangsa pasar menjadi sempit,player semakin banyak,usernya tetap,tapi dengan pengetahuan yang semakin bertambah....

    apalagi bisnis online dari tahun kemarin juga hanya itu-itu saja,tanpa ada inovasi...

    ReplyDelete
  7. Google Adsense masih ber-jaya, tapi satu syaratnya jangan pake visitor Indonesia, harus visitor US. Hahahahha

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya saya masih meraba-raba di bisnis online ini. Dan betul, semakin banyak netter akan mempersempit gerak. Nah, disinilah mungkin hukum alam berlaku, mana yg terus konsisten dan mana yang tepar duluan.

    Bisnis online memiliki kecepatan yg mengagumkan ketimbang bisnis konvensional. Namun adakalanya kedua jenis bisnis itu sangat hebat bila dikombinasikan.

    Tapi selama internet itu ada, bisnis online masih jadi lahan yang menggiurkan. Yah, selama kita realistis saja, betul? :)

    ReplyDelete
  9. Berubah lebih baik, cuma itu rumusnya untuk bisa bertahan di bisnis apapun. Kalau kita diam, maka perubahan jaman akan menggilas kita.

    ReplyDelete
  10. Yang sukses ada, tapi yang kejebak ya buanyak Mas...

    ReplyDelete
  11. setuju bisnis online maupun offline yang penting strategi bisnisnya

    ReplyDelete
  12. Kalau boleh jujur saya punya blog juga efek positif dari ikutan bisnis online tetapi disana tidak ada anjuran untuk jualan ebook, kita mendapatkan sebuah pembelajaran dan arahan bagaimana caranya berbisnis online secara benar, sebenarnya trend bisnis OL tidak pernah surut buktinya sekarang begitu banyak modelnya? siapa yang bisa berkreatifitas dan realistis itulah yang masih bisa diterima pasar di blogsphere, dulu karena rasa penasaran sekalian ikutan menjebur kedalamnya dan alhasil saya termasuk sukses juga tidak bangkrutpun tidak, karena sekali register kita bisa menjadi reseller seumur hidup jadi tidak ada kata bangkrut.

    ReplyDelete
  13. Betul sekali mas, sekarang sudah banyak orang yang melek dengan sisi negatif dari bisnis itu. Bagiku, blog juga bisa dijadikan bisnis online asal bisa dan tahu ilmunya. Kalau aku sampai sekarang msih belum nemu juga, kalaupun nemu juga gak tahu cara pakainya :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  14. Ya saya juga setuju menggabungkan antara binis online dan offiline. Itu letak kekuatannya. Karena kalau hanya mengandalkan online tapi tanpa dukungan bisnis secara offline kayaknya sulit bersaing.

    Saya pernah baca majalah bisnis SWA yang mereview tentang toko Bhinneka com. Toko Bhinneka com juga malah lebih banyak penjualannya lewat offline daripada yang online karena orang kita banyak yang masih lebih trust langsung ke tokonya.

    ReplyDelete
  15. Bisnis online paling realistis? Seperti yang dilakoni Mas Jeprie, Pak Zam dan golongannya lah. I think ;)

    ReplyDelete
  16. Asal jangan salah pilih bisnis aza kali ya Mas :D

    ReplyDelete
  17. hehehe bener mas kadang y seperti muluk-muluk tapi pada realitanya ada yang sukses hehehe harus labih banyak belajar lagi apa hakikat bisnis online itu :D

    ReplyDelete
  18. ya itulah mas Is, trend menyesuaikan dengan perkembangan yang ada :)

    ReplyDelete
  19. seep. semoga sepinya engga sepi banget minimal menjadi unik dan tentunya realistis :)

    ReplyDelete
  20. saya teringat perkataan Pak Hermawan Kertajaya, The Marketeers, ketika menjadi pembicara di IEE Expo 2010 di Gramedia Expo Surabaya Oktober 2010 lalu, beliau bilang, intinya seperti ini: Saat ini, orang-orang sudah pinter semua, jadi kalo bisnis akal-akalan, ya siap saja tidak laku ... Bisnis yang akan berkembang pesat adalah bisnis yang berkarakter, yang mempunyai kejujuran terhadap konsumen

    jadi kalo saya pikir, kalo masih ikutan bisnis yang akal-akalan ya siap aja rugi dan jadi korban akal-akal orang yang mengakali lebih dahulu, sekarang zaman sudah melek teknologi, orang tahu mana yang akal-akalan mana yang jujur, kan tinggal cari info di Google, semua bakal terlihat :D

    ReplyDelete
  21. kalo toko online malah merebak menjadi banyak banget sekarang dan Toko online mungkin salah satu bisnis online populer saat ini. biasanya toko online adalah bisnis offline yang dipromosikan secara online :)

    bisnis online banyak banget jenisnya tapi ya itulah tadi semua ada masanya dan dalam seleksi alam yang bertahan adalah yang terus berkreativitas dengan perubahan dan sosialisasi yang intens dengan coustamernya

    ReplyDelete
  22. yup "bisnis adalah kegiatan menjual barang dan jasa kepada konsumen"

    mudah-mudahan paradigma tentang bisnis online dan kepercayaan tentang bisnis online itu sendiri ke depan membaik dan semakin banyak yang jeli dalam menentukan bisnis online yang akan dijalani.

    ReplyDelete
  23. kalo itu ane percaya haha soalnya memang sudah terbukti :D

    ReplyDelete
  24. betul, kang yuk kita ngopi dulu :)

    sip, "Bisnis online memiliki kecepatan yg mengagumkan ketimbang bisnis konvensional. Namun adakalanya kedua jenis bisnis itu sangat hebat bila dikombinasikan."

    ReplyDelete
  25. semoga jangan ada lagi yang kejebak pak Mars :D

    ReplyDelete
  26. seep apa lagi kalo mengunakan strategi 3-4-4 ;)

    ReplyDelete
  27. betul, mas agus tapi kalo perlu di imbangi dengan bimbingan dengan benar dan terarah secara terus-menerus dari upline kepada downlinenya sehingga hasilnya maksimal bukan malah sebaliknya ingin mengeruk keuntungan semata kepada newbie yang polos.

    selama itu bagus dan memang realistis. it's ok. tos sambil kita ngopi dulu kalo gitu, mas. :)

    ReplyDelete
  28. hihi nanti ketemu jalannya kok. mari sama-sama kita meraba potensi blog kita terlebih dahulu, mas sugeng :)

    ReplyDelete
  29. nah, susah kalo udah sehati mah. soalnya persis banget opininya dengan saya

    ReplyDelete
  30. seep, mas vierdien. nanti kalo salah pilih ya cari lagi :)

    ReplyDelete
  31. yuks sama-sama belajar nanti kalo udah ketemu hakikatnya kasih tahu saya ya? ;)

    ReplyDelete
  32. wah, tambahannya mantep nih. makasih banget. ya kurang lebih seperti itulah :)

    ReplyDelete
  33. pantesan yg klik iklanku sedikit, mereka sudah bosan lihat iklan itu2 saja :p

    ReplyDelete
  34. selama masih ada yang ngeklik engga masalah kok, mas :)

    ReplyDelete
  35. mungkin bisnis online masih akan dan terus berlangsung, tapi jenis bisnisnya yg terus berubah. kalau di awal-awal mungkin orang rame2 'bisnis online' ebook, mlm, dst. lama2 akan jenuh dan mencari model bisnis lainnya

    ReplyDelete
  36. Saya termasuk yang percaya bahwa ke depan, bisnis online yang benar akan semakin berkembang. Untuk kasus di Indonesia, memang pengguna internet sudah semakin banyak. Akan tetapi, apabila menyasar pasar pengguna internet Indonesia sebagai konsumen bisnis online kita, volume transaksinya belum akan besar. Perlu beberapa tahun ke depan untuk membiasakan pengguna internet di Indonesia untuk melakukan transaksi online.

    Saya tidak mengatakan bahwa saat ini belum ada. Tentu saja sudah ada. Saya sendiri termasuk seorang pengguna internet Indonesia yang sudah beberapa kali melakukan transaksi online melalui toko online lokal. Di Kaskus juga terkenal forum jual belinya. TokoBagus.com semakin berkembang. Bhinneka dan GlodokShop masih buka. Itu artinya bisnis online masih bisa berkembang.

    Yang harus kita tanamkan adalah bahwa bisnis online itu bukan hanya sekedar jual beli ebook. Bukan juga sekedar bikin website untuk pasang PPC advertising atau jadi makelar (affiliate marketer). Bisnis online juga dapat digunakan untuk bisnis yang sebenarnya sebagai perluasan dari bisnis offline kita.

    BTW, jadi penerbit adsense dan makelar amazon asyik juga yah. Kebetulan saya juga iseng jadi penerbit adsense dan makelar amazon. Walaupun tidak besar dan tidak terlalu sering, saya sudah beberapa kali menerima pembayaran dari adsense dan amazon.

    ReplyDelete
  37. Benar mas, bisnis online itu ada massanya.
    Ada kalanya kita akan jenuh dengan bisnis online.
    Dan sekarang, banyak yang beranggapan bahwa banyak diantara bisnis online itu menipu, padahal tidak juga.
    Serba salah jadinya :D

    ReplyDelete
  38. sep. justru perkembangan bisnis online akan terus berkembang

    ReplyDelete
  39. mantap, om. masukannya. itu yang sedang saya gali kedepannya di blog ini, om ;)

    ReplyDelete
  40. karena pengertian bisnis online itu sendiri. masih banyak yang melihatnya secara sempit

    ReplyDelete
  41. bukan hanya bisnis online semua jenis bisnis pasti akan memasuki titik jenuhnya.. tinggal bagaimana membuatnya bertahan lama dan tetap berada ditingkat yang tinggi..

    ReplyDelete
  42. menurut saya, bisnis online itu akan ada terus sepanjang masa.. Adapun yang ada masanya adalah kreatifitas... Hari ini mungkin bisa tergolong sebagai kreatifitas yang bisa mendatangkan income, hari-hari kemudian belum tentu.... mungkin ini maksud tulisan ini ya mas ?

    ReplyDelete
  43. seep. makasih banget kang jeprie tambahannya :)

    ReplyDelete
  44. saya malah mendukung pembisnis UKM karena sudah saatnya banyak orang yang mampu menciptakan lapangan kerja baru ;)

    ReplyDelete
  45. kayaknya kalo di atas terus bosen, rif. kali-kali turun kebawah biar tambah banyak wilayah penunjang ke atas kalo di lihat dari konsep piramid ente :D

    ReplyDelete
  46. Saya memahami bahwa untuk memperoleh keuntungan di internet, kita harus memperbesar value bagi pelanggan/calon pelanggan. Tipuan semacam jualan ebook ga akan berlaku lagi. Saat ini, pengguna internet sudah makin pintar. Mereka sudah tahu cara membedakan situs spammer, tahu situs yang isinya cuma tipuan link google, situs yang isinya ngajak survey, dst.

    Kalau mau berhasil, mulai dengan pencitraan (branding) yang baik dan memberi value lebih. Jangan langsung berharap mencari untung yang sering kali kecil. Dalam pengalaman saya, di dunia desain, banyak yang awalnya dari hal-hal kecil, bagi-bagi resource gratis, menyediakan tutorial gratis. Kita harus berpikir jangka panjang dengan goal besar. Perlu kesabaran jangan main hajar cari yang klak-klik 300 perak.

    ReplyDelete
  47. Orang kreatif selalu menemukan cara untuk mencapai hasil. Pebisnis UKM kini makin gencar melirik internet sebagai media promosi efektif. Intinya adalah jangan menutup diri terhadap perkembangan jaman. :)

    ReplyDelete