Thursday, April 4, 2013

Pengalaman Pahit Blackberry Esia GOGO

Pengalaman buruk ini terjadi saat saya bersama keluarga pergi keluar kota pada minggu, 31 Maret 2013. Blackberry CDMA type Aries 8530 yang saya aktifkan paket GOGO ternyata mengalami gangguan pada blackberry messenger dan browsernya.

Awalnya saya kira gangguan sementara dan berasumsi paketnya telah habis namun setelah saya cek pada 3 April 2013 ternyata paket BIS masih aktif hingga tanggal 6 April 2013. Akhirnya saya pun mencoba menelusuri satu demi satu masalahnya.

Paket esia gogo yang aktif sampai tanggal 15 April 2013 pun saya matikan alias unreg dan saya menelepon coustamer service di *990 yang menyarankan untuk register ulang di host routing table dan mematikan serta melepas batre ponsel.

Hasilnya tetap sama. BBM dan Browser tidak bisa berjalan. Setelah menghubungi kembali coustamer service dan mereka pun akan melaporkan ke bagian teknisi dan akan menelepon balik. Akhirnya setelah beberapa jam pihak esia pun menelepon balik dan menanyakan kondisinya. Kebetulan ponsel saya tinggal di rumah dan yang mengangkat istri saya.

Dari pihak esia mengatakan “Kenapa di GOGO, seharusnya tidak?” lah namanya diluar kota tentu saja kadang butuh telepon dan sms juga. Akhirnya pihak esia menyarankan untuk mengunjungi Gerai Esia terdekat. Sedangkan jaraknya tidaklah dekat.

Tadi pagi akhirnya saya pun penasaran dan mematikan paket BIS yang ada sambil mencoba mendaftar kembali paket BIS untuk sehari pertama paket HITS dan tetap sama. Akhirnya saya pun mengulang daftar paket BBM sehari setelah paket sebelumnya di matikan terlebih dahulu. Hasilnya tetap sama juga.

Sore tadi saya pun kembali menelepon pihak CS kembali untuk menanyakan bagaimana kalau saya berpindah provider dan ternyata saya tetap harus datang ke gerai untuk mengosongkan nomor esia yang ada di Blackberrynya. Sehingga bisa di inject ke nomor provider lain.

Pihak Esia kembali menjelaskan untuk paket BIS bisa dinikmati diluar kota tanpa daftar GOGO kecuali untuk panggilan dan sms. Ok. Jika memang itu tetapi kalo kita sedang butuh telepon dan sms bagaimana? Dan kembali mendapat opsi terakhir harus ke gerai untuk di inject kembali dengan nomor yang sama dengan biaya gratis. Tetapi biaya ongkosnya tetap saja karena jaraknya lumayan jauh.

Entahlah karena kebingungan akhirnya saya coba alternatif dengan mencari jawaban dengan browsing sana sini. Akhirnya saya pun tidak menemukan solusi yang pas.

Saat melihat signal 1xev (dengan hurup kecil) dan teringat CS pada saat pertama kali saya telepon sempat menanyakan tampilan signal ini juga serta membaca tips membeli blackberry second. Akhirnya saya pun mencoba melakukan hard reset melalui Security Wipe.

OS 4.0 / 5.0 Menu > Option > Security Option > Security Wipe > Centang enter “Blackberry” > wipe.

OS 6.0 / 7.0 Menu > Option > Security > Security Wipe > Centang enter “Blackberry” > wipe 

Setelah proses selesai saya akhirnya melihat signal menjadi 1XEV (dengan hurup kapital) dan semua kembali normal.

Semoga pengalaman pahit saya dengan Esia GOGO ini tidak terulang. Saya tidak tahu apakah ini terjadi hanya terhadap saya atau penguna-penguna lainnya dengan operator yang sama baik itu ESIA ataupun AHA.

Jika mungkin ada yang mengalami hal serupa dan sama, semoga pengalaman ini bisa membantu.

UPDATE :
Kini layanan Esia telah di tutup sejak Tahun 2016
Share:

2 comments:

  1. Saya pakai Smartfren pascabayar untuk BlackBerry, selama ini hampir ndak ada keluhan. Kecuali di tempat yang memang sinyalnya belum ada :).

    ReplyDelete