Sunday, August 5, 2012

Tips Mudik Agar Aman Dan Nyaman

Hari raya Idul Fitri identik dengan tradisi mudik di setiap tahunnya. Sekaligus moment liburan selama kurang lebih 1 minggu ini umumnya dimanfaatkan untuk silahturahmi ke sanak keluarga kita yang ada di kampung.

Saya kebetulan yang masih pribumi dan kerja tidak jauh dari rumah, jadi tidak merasakan kegiatan mudik yang sulit, cukup naik motor yang menghabiskan beberapa menit akhirnya sampai deh.

Bersumber dari sahabat-sahabat saya yang biasa mudik saya ingin sharing tentang tips mudik kali ini.

1. Menabung Jauh-jauh Hari

Tidak jarang yang namanya mudik itu pasti membutuhkan dana tambahan, selain untuk biaya transportasi, juga dana pegangan untuk berbagi di hari raya yang sudah pasti masuk hitungan. Tentunya tidak sedikit dana yang harus dipersiapakan. Alternatifnya adalah menabung secara konsiten setiap bulannya.

2. Mempersiapkan Kondisi Kendaraan.


Khususnya bagi yang mengunakan kendaraan roda dua. Kondisi kendaraan berpengaruh terhadap keselamatan selama menempuh perjalanan. Ada baiknya sebelum berangkat dicek apakah kendaraan sudah prima atau belum?

Sekedar saran usahakan jangan service terlalu dekat dengan waktu lebaran dan kondisi bengkelnya sedang ramai, karena beberapa tahun kemarin hasil service dan tune up tidak maksimal justru malah mungkin mengakibatkan kerusakan di tengah jalan karena proses waktu di bengkel terburu-buru.

3. Bawalah Barang Sesuai Kebutuhan.

Terlalu banyak membawa barang saat mudik hanya akan membuat tidak nyaman dan selalu was-was, juga bukan tidak mungkin nantinya akan berbahaya. Jika memang perlu, barang tersebut bisa dikirim lewat layanan paket.

4. Memanfaatkan Fasilitas Mudik Gratis

Nah, Bagi teman-teman yang mudik dengan jarak yang jauh kenapa tidak mengunakan fasilitas mudik gratis yang selalu diselengarakan setiap tahunnya oleh beberapa perusahaan yang sudah tidak asing lagi.

Kali ini dalam pantauan saya ada beberapa yang bisa jadi rujukan.

1.   Mudik gratis bareng Sido Muncul
2.   Mudik gratis Bareng Bank BNI
3.   Mudik gratis bareng Giant
4.   Mudik gratis bareng Carrefour
5.   Mudik gratis bareng Alfamart
6.   Mudik gratis bareng Honda
7.   Mudik gratis bareng Indomaret
8.   Mudik gratis bareng Jasa Raharja
9.   Mudik gratis bareng Dinas Perhubungan
10. Mudik gratis bareng berbagai Partai Politik
11. Mudik gratis bareng berbagai Operator Seluler
12. Dan Banyak lagi lainnya.

Mungkin sebagian sudah habis masa pendaftarannya, tetapi siapa tahu tahun depan bisa ikutan. Tinggal selalu standby informasi yang ada.

Oke, buat yang siap-siap mudik tahun ini. Selamat mudik ya? ^_^ Dan yang tidak bisa mudik karena suatu halangan. Tetap semangats. Toh lebaran di mana aja yang penting kemenangannya dalam meraih RidhoNya di Hari yang Fitri.

Sumber Gambar :
Hasil modifikasi dari Susandevy.com
Share:

6 comments:

  1. Semoga bagi pemudik mendapat kenyamanan dalam perjalanan, pergi dan pulang dalam kondisi aman, sehat sentausa...

    ReplyDelete
  2. Sayang, mudik gratis yang banyak diselenggarakan rata2 ke daerah Jawa Tengah dan Timur. Jarang banget (Bahkan g ada) rute mudik ke Sumatera. Apalagi ke Pulau Bangka :-D

    ReplyDelete
  3. yang penting stamina dan pastikan kendaraan dalam keadaan baik..
    dan yang penting lain nya, jangan sampai istri kita yang ketinggalan :D

    ReplyDelete
  4. yang penting ibadahnya..
    ssiippp...
    lanjutkan.. *_^

    ReplyDelete
  5. hehe, saya juga belum pernah merasakan bagaimana rasanya mudik, la saya tinggal di kampung halaman, seringnya saya menyambut teman teman saya yang pulang mudik, hehe

    ReplyDelete