Saturday, April 7, 2012

Komunikasi SEO All In One

Zaman sekarang gadget udah menjadi pendamping hidup. Dari anak-anak, nenek ataupun kakek sekalipun sekarang udah siap siaga gadget. Katanya sih buat komunikasi ataupun tuntutan profesi.


Dan memang komunikasi penting banget selain buat silahturami ke saudara jauh untuk mengobati kangen maupun buat pacaran jarak jauh dan jarak deket (kalo kebetulan pacarannya tetangga rumah).

Berdasarkan survey saya dari jajak pendapat ke sekitar baik itu saudara, teman atau tetangga. Apa yang kamu lakukan kalau lagi sendiri? Jawabnya update status, SMSan dan Telephone’an.

Meningkatnya kebutuhan ini mau tidak mau membutuhkan SEO yang mumpuni. Sebelum saya terangkan lebih jauh. Saya akan jelaskan apa itu SEO?

SEO disini menurut Mbah dari amrik adalah Social Engage Optimization yaitu mengoptimalkan keterlibatan sosial dalam berkomunikasi. Yang dulu banget bisanya kita cuma sms dan bertelephone ria. Sekarang sudah beralih ke social media yang lebih Gaul melalui internet.

Begitu dalam urusan bisnis pun sudah mengalami transisi yang sama. Dalam kasus bisnis jual beli misalnya. Cukup membuat etalase gratisan di situs-situs toko online popular ataupun blog pribadi dan mencantumkan no telephone dan akun jejaring sosial. Sisanya adalah standby melalui handphone yang sudah support YM, push email dan opera mini.

Kebutuhan komunikasi yang telah bermutasi menjadi kebutuhan pokok meliputi layanan Panggilan, Sms dan Data Internet untuk update status, ngeblog, chating dan browsing. Dan ada sebuah 7 tuntunan sakral kebebasan berkomunikasi tidak tertulis yang diinginkan oleh kebanyakan orang adalah...

1. Bebas panggilan.
2. Bebas SMS.
3. Bebas internetan.
4. Bebas ribet.
5. Bebas seharian.
6. Bebas mahal.
7. Bebas lintas operator

Hal ini pula yang membuat saya iseng mengambil sample korban untuk di wawancara yaitu Eby salah satu wartawan dan juga blogger pemilik jarumjam.com yang tercepat ngetweet yang saya kenal dekat.

Pertanyaannya simple, kenapa sih elo kok bisa sih ngetweet ngebut gitu?

“Kebiasaan. Karena Hape yang paling sering gue gunakan buat ngetik dibanding ngetik keyboard laptop atau notebook” 

Oke dari sini bisa disimpulkan bahwa gadget lebih dekat bagaikan istri tercinta. Bayangkan kemanapun tuh benda di bawa-bawa. Ke tempat tidur, kerja, keluar rumah bahkan ke toilet sekalipun.

Woy... apa hubungannya? Jelas ada dong. Ternyata komunikasi pribadi seseorang sekarang bukan cuma antar induvidu melainkan ke publik melalui sosial media ke followernya dan siapapun yang melihat akun twitter, facebook dan blog kecuali di protect tulisannya. Dan itu 24 jam nonstop bisa berkoneksi dengan siapapun yang online dimanapun berada bersama gadget tersebut.

Sadar engga sadar, saya dan kita semua hidup didalamnya. Dan itu semua bermuara kepada budget dompet alias ujung-ujungnya duit.

Butuh SEO di sini, mengoptimalkan komunikasi tetapi jangan sampai kebobolan. Dan musti bidik keyword layanan operator yang pas supaya bisa ngeksis, komunikasi dan job lancar, juga rame traffik follower.

Jadi mari kita simpulkan dari awal. Komunikasi SEO adalah perpaduan optimasi sosial media melalui gadget dan layanan operator yang kita pake. Sekalipun gadget pas-pas’an tetep bisa maksimal kok dan semua itu harus ditopang oleh jaringan yang mengerti 7 tuntutan sakral kebebasan berkomunikasi diatas.

Yup, sekarang bagimana sudahkah teman-teman install plugin dan Aplikasi SEO yang tepat untuk komunikasi di browser atau gadget masing-masing? #loh

Ilustrasi by Google Images
__________________

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba "Bebas Ngeblog Bareng Indosat Mobile" di Lintas.Me mohon doa restunya :)
Share:

23 comments:

  1. SEO ini baru saya dengan "Social Engage Optimazation"...
    Biasanya kan Search Engine Optimazation ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, SEO yang ini anti ribet daripada SEOnya agoritma Google panda, om :D

      Istilah ini cuma ada disini dan itu terinspirasi saat kena razia Grebeg kemarin di Jakarta :p

      Delete
  2. wah, harus banyak belajar maning ini...
    SEO ala panda masih belepotan, sekarang ada yang baru... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi saya, Mas. Saya malah lebih belepotan lagi :D

      Delete
  3. wah gw kurang gaul dengan seo.belajar maning, son...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai aja, Mas Alris. SEO bukan untuk digauli kok :p

      Yuks ah sama-sama kita belajar ;)

      Delete
  4. Inilah yang bikin penambahan akronim jadi makin menyusahkan narablog, capek kan bedain tag ACCR atau ABBR-nya, masa dibilang anti ribet, #eh... :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. whaha iya, bli. penambahan akronim dan singkatan ini sebenarnya cuma khusus ada disini. :D

      Singkatnya "optimasi komunikasi satu untuk semua"

      Cuma saya bumbukan sedikit sensasi supaya lebih mengena judulnya. harap dimaklum namanya juga permainan bahasa wong desa yang pura-pura Go internasional, bli. :p

      Delete
  5. perlu belajar nih ama suhu masalah seo :D

    sukses om

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew jangan ada suhu atau master di antara kita. mending belajar sama-sama yuk ;)

      Delete
  6. Sukses ya... Semuga menang... :)
    80% buat aku ya... :p

    ReplyDelete
  7. wah, kosakata baru nih social engage optimization, hehe, tapi ngomong2 ini merupakan istilah yang lebih tepat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya, Mas Jarwadi. Klo SEO ini khan sifatnya umum klo SEO yang pake panda mah cuma webmaster dan blogger yang paham :D

      Delete
  8. Perubahan zaman sungguh extremz, perkembangan dunia teknologi seolah tidak dapat dibendung, dan sudah melebihi kebutuhan pokok yang yang terkadang kurang realistis. Jadi kita setengah terpaksa karena terkadang dipaksa untuk menggunakan aplikasi-aplikasi canggih yang diluncurkan oleh setiap produsen gadget / vendor sebuah aperator selullar.
    Saya sendiri sebagai pelaku usaha di dunia online shop, berlari ngos-ngosan mengejar bagaimana caranya agar produk-produk pajangan bisa mencakup SEO all in one agar pada saat para pencari fashion bisa mampir dan terjadilah closed order. Salam kenal brother..

    ReplyDelete
  9. om mw tanya, kenapa di beberapa shared hosting all in one seo pack nggek diperbolehkan ya..... makasih om.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo alasan itu sih jelasnya tanya langsung ke hostingannya, bro. ada kemungkinan menghindari bandwith berlebih :D

      Delete
  10. Bener juga..wah tak terpikirkan oleh saya..karena saya berfikir orang butuh apa2 lewat leptop. makasih pengetahuanya mas

    ReplyDelete
  11. makasih infonya tentang seo ,memang bila kita mempunyai blog tanpa seo seperti orang berjalan,jadinya blog kita g bisa di lihat orang karena optimasinya g ada, makasih postnnya yaaa,mantapppp

    ReplyDelete
  12. Ada beberapa plugin saya install, katanya baik buat SEO blog, tapi ndak pernah dipakek.. Kan harus diisi tuh keyword segala macemnya, males...

    ReplyDelete
  13. wah ini dia dari dulu sy msh binggung mas tentang SEO tapi pelan2 sy mulai belajar, terimakasih tulisanya..

    ReplyDelete