Thursday, February 23, 2012

Membuka Toko Online Di Facebook

Banyaknya toko online yang kita temui di facebook mulai setahun yang lalu ternyata sampai sekarang pun masih menjamur. Tetapi di luar negara sana justru beberapa perusahaan besar berbondong-bondong menutup toko online mereka di facebook yang belum genap setahun. Seperti Gamestop Corp, Gap Inc, J.C. Penney (JCP) Co, Nordstom (JWN) Inc. Kenapa?


F-commerce, sebutan saat Facebook tengah booming karena dianggap akan mengalahkan Amazon dan online store yang lebih sepuh dan berjaya. Ternyata masih dipertanyakan seperti ditulis dari sumber yang saya baca di bloomberg.com.

"Kami hanya tidak mendapatkan pengembalian investasi yang kami butuhkan dari pasar Facebook, jadi kita menutupnya cukup cepat. Bagi kami, itu menjadi cara kita berkomunikasi dengan pelanggan pada kesepakatan, bukan tempat untuk menjual." Ashley Sheetz, wakil presiden Grapevine Texas yang berbasis perusahaan pemasaran dan strategi.

Dianalogikan di website lain terkait dengan topik ini yang saya baca. Facebook layaknya tempat orang berkumpul-kumpul di sebuah cafe yang ramai pengunjung tetapi tujuan mereka kesana adalah untuk mengobrol dan bersenda gurau sehingga minim berpotensi dalam penjualan dan berujung dengan diblokir karena di anggap spammer.

Wajar memang karena saya juga sering mengalaminya dan merasa terganggu, lalu pelajaran yang kita dapat dari kasus di atas adalah ternyata facebok lebih kepada memberikan informasi dan memberikan respon daripada menawarkan barang.

Gunakan soft marketing dengan merespon setiap keluhan yang masuk atau F-commerce akan menjadi boomerang terhadap brand dan kredibiltas anda.


Referensi : bloomberg.com
Gambar : Getty Images
Share:

10 comments:

  1. Berbagai cara di Lakukan, tambah mudah dgn dukungan teknologi ..

    ReplyDelete
  2. klo cewek jualan baju atau aneka asesoris mungkin masih jalan, lainya, apalagi segmen korporate, mendem, kita punya page 40 ribu lebih saja, yaaa, itu hanya nongkrong nongkrong saja, saat kita posting link, rame komentar di sana, sikiiiiit sekali yang ngeklik link kita, paling seratus an orang... ngik ngik ngik...

    ReplyDelete
  3. sebagai etalase sih oke. transaksi masih di luar facebook baik melalui email atau sms.

    ReplyDelete
  4. udah nyoba klik www.onigi.com dan buka toko anda sekarang. Gratis!

    simple mas kalo buka toko online di facebook.

    sudah ribuan toko lho.


    Thanks

    ReplyDelete
  5. ok,,makasih info,,harus sering mampir di sini kyaknya,,banyak info menarikk

    ReplyDelete
  6. yup pengunjung yang megunjungi Facebook kebanayakan bukan untuk belanja

    ReplyDelete