Friday, December 9, 2011

Gerhana Bulan 2011 Terlama Kedua Dalam Sejarah Dan Galaksi 'Monster'

Masih ingatkah peristiwa gerhana bulan terlama dalam sejarah pada 16 Juni 2011 kemarin? seperti saya tuliskan kemarin bahwa gerhana akan hadir lagi pada bulan Desember dan itu adalah besok. Dengan totalitas selama 50 menit, hampir 1 jam. Lebih cepat dibandingkan kemarin yang mencapai durasi 4 Jam.

gerhana bulan 2012
Ilustrasi by kompas via shutterstock

Nampaknya disana-sini sudah banyak yang sibuk menyiapkan situs video streaming untuk fenomena alam ini. Namun saya mungkin akan menunggu Youtube kembali menayangkan video streamingnya karena lebih stabil bandwithnya dibandingkan situs lokal hehe...

Di media kompas pun disebutkan bahwa gerhana bulan desember ini akan dibayangi Galaksi monster. weleh...weleh silahkan baca artikelnya di sini "Galaksi "Monster" Bayangi Gerhana Bulan" Dituliskan :


Gerhana besok bisa jadi terkesan menyeramkan sebab bulan yang berwarna merah bak darah akan dibayangi oleh galaksi "monster". Galaksi itu tak lain adalah galaksi tempat Bulan, Bumi, dan Matahari bernaung.


Bimasakti disebut galaksi "monster" karena sebagai salah satu galaksi tertua dan terbesar di jagat raya, Bimasakti telah menelan beberapa galaksi kecil yang kebetulan berpapasan.


Bagaimana bisa Bimasakti membayangi Bulan? Menurut astronom Ma'rufin Sudibyo, saat gerhana terjadi, Bulan sedang melewati rasi Taurus. Bulan yang terbit di timur, jika dilihat dari Bumi, akan terus bergerak ke atas dan ke barat.

Perasaan saya kemarin juga di video streamingnya Gerhana bulan, juga terlihat merah. Penasaran? sama dong haha...

Gerhana besok jadwalnya, menirukan rundown hehe.. akan terjadi mulai pukul 19.46.

  • Diperkirakan totalisas gerhana baru akan terjadi mulai pukul 21.07-21.57 WIB, berlangsung sekitar 50 menit. 
  • Puncak gerhana akan terjadi sekitar pukul 21.32 WIB.
  • Selepas pukul 21.57, Bulan secara berangsur akan kembali ke kondisi semula. 
  • Gerhana Bulan secara kasat mata berakhir pukul 23.16 WIB
Gimana udah siap kan, lagian masih sore jadi yang kemarin belum sempat lihat gerhana terlama dalam sejarah bisa puas-puas'in besok? yang lagi malam mingguan bisa menyaksikan gerhana bulan bareng do'i sekalian jangan lupa cemilannya ya haha... Buat yang mau shalat gerhana dan memperbanyak dzikir lebih diutamakan.

Apapun dibalik gerhana ini semua rahasia dan kebesaran Ilahi. Jangan langsung membawanya ke hal-hal yang musyrik. Wa allahu alam bi sowab.
Share:

7 comments:

  1. yang gerhana kemarin kalo ga salah saya tidur, kali ini kalo ga mendung seharusnya bisa menyaksikan fenomena alam yang besar ini.

    ReplyDelete
  2. yah kemarin ga bisa liat gerhana soalnya didaerahku lg hujan,jd ya ditunda liat gerhananya..mungkin laen kali bisa liat yg lebih besar dari ini..hehhehee

    gubuksigit.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. @yuyun & @gubuksigit :
    makasih udah mampir :)

    saya juga engga bisa lihat nih soalnya mendung plus hujan kemarin jadinya ketiduran deh :D

    ReplyDelete
  4. Saya sdg di Bandung, juga tdk bisa melihat karena hujan tiada henti. Inginnya sih ikut takbir dan shalat gerhana, tetapi tidak tahu dimana letak masjidnya.

    Saya berjalan-jalan, dan sayup2 terdengan takbir, ternyata masjid yg saya cari tidak jauh lokasinya dari losmen tetap saya menginap...Tapi, shalatnya sdh selesai.

    Yang penting sdh niat !

    ReplyDelete
  5. mimpi saiang bolong ( om Bagus ) : yup betul, om yang penting udah niat :)

    ReplyDelete
  6. he,he, iya om makasia om atas komentarnya,, yang pasti saya juga kecewa sekali akan hal ini padahal baru pertama ikut kontes seo ini...hufft...
    btw gerhana bulan ini juga saya liat kayaknya om :D

    ReplyDelete
  7. suka banget ama info yang berhubungan dengan astronomi kek gini..

    ReplyDelete