Friday, August 19, 2011

Musuh Anda Adalah Waktu



Ya! Musuh Anda yang sebetulnya adalah waktu. Bukan kompetisi, bukan undang-undang, bukan ekonomi. Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan keuntungan sebuah usaha kecil menengah. Tindakan atau reaksi para pesaing, peraturan baru, kecenderungan ekonomi yang besar, kesehatan pasar yang Anda bidik, biaya pembelian bahan baku, dan pelayanan kepada pelanggan, semua itu adalah kekuatan yang praktis tidak dapat Anda kendalikan.

Paling-paling yang dapat Anda lakukan adalah mengantisipasi perkembangannya dan memulai langkah-langkah untuk mengurangi pengaruhnya. Tetapi diperlukan waktu untuk dapat membuat perencanaan dan prediksi yang masuk akal. Diperlukan waktu pula untuk membuat program lanjutan, menyelesaikan perencanaan program dan penerapannya, serta memantau respons yang dihasilkan dari tindakan tadi.

Kita sering mendengar dan membaca saat ini banyak kampanye mengenai perlunya pemeliharaan lingkungan, menghemat energi dan menghemat sumber-sumber lain yang kita miliki. Tetapi tanda kesuksesan seorang pemilik bisnis adalah ia mampu menghemat waktu. Bukan saja waktu miliknya sendiri, melainkan juga waktu milik perusahaannya. Langkah pertama untuk melakukan penghematan yang berhasil adalah menghargai pentingnya waktu yang akan Anda hemat tersebut.

Keadaan ini paling baik hasilnya dilakukan oleh seorang pemilik bisnis yang secara pribadi memperlihatkan kesan mendesak. Kalau ada yang pantas dilakukan, hal tersebut bukan sekedar pantas dilakukan dengan baik, melainkan akan lebih tinggi nilainya seandainya telah dilakukan kemarin. Kali ini kebiasaan-kebiasaan efektif yang Anda tanamkan sejak dulu akan banyak berpengaruh kepada hasil.

Era informasi telah ditandai dengan semakin memendeknya rentang waktu antara siang dan malam akibat semakin mudahnya masyarakat mendapat akses informasi dari internet. Tentu Anda tidak ingin melewatkan keunggulan perkembangan teknologi informasi dan sukes menjadi pebisnis yang mengantisipasi waktu dan tenggelam dalam kesibukan yang benar-benar efektif.

Penulis: Agus Siswoyo
Sumber Gambar: softsia.com
    Share:

    0 komentar:

    Post a Comment