Wednesday, August 3, 2011

Memprogram Pikiran Dalam Mencapai Tujuan Masa Depan


Kalau kita sadari, sebenarnya kita semua memprogram diri kita sendiri untuk mencapai tujuan-tujuan dengan berbicara kepada diri sendiri. Misalnya kalimat: saya dapat mencapai hal ini, saya menghendaki hal itu, saya adalah orang sukses, dan lain-lain. Kita dapat mencapai tujuan-tujuan kita dengan setiap hari berusaha memiliki pemikiran yang dominan. Vince Lombardi, salah satu pelatih tim sepakbola Amerika Serikat pada tahun 90-an, membuat satu pernyataan menarik. 

"Keberhasilan adalah perjuangan hari demi hari, senti demi senti menuju impian kita, yang secara sederhana dapat diartikan bahwa kita harus menjadikan tujuan kita sebagai pemikiran yang dominan. Dan selanjutnya, hari demi hari dan senti demi senti kita rintis perjalanan ke arah tujuan kita. Hal ini akan berjalan dengan mudah atau sulit, tergantung pada apa yang Anda yakini."

Berikutnya, mari kita bermain-main dengan beberapa pertanyaan berikut. Siap-siap ya. Santai saja, ini cuma kuis sederhana yang tidak berhadiah.


  1. Apakah Anda mengetahui tujuan-tujuan Anda? 
  2. Apabila saya masuk ke kamar Anda, apakah saya bisa menemukan hal-hal tersebut tertulis pada dinding kamar Anda? 
  3. Apakah Anda mengerjakan hal-hal tersebut setiap hari? 
  4. Apakah hal-hal tersebut menjadi pusat pemikiran Anda? 
  5. Apakah hal-hal yang tertulis tersebut berada dalam urutan prioritas yang benar? 

Jangan lupa, bahwa "bekerja" juga bukan merupakan suatu tujuan. Inillah virus yang menjangkiti kebanyakan lulusan sarjana di negeri ini. Seandainya kerja itu adalah sebuah tujuan, maka mereka yang bekerja paling keras akan selalu memenangkannya, dalam kenyataannya hal tersebut adalah tidak benar. Bila bekerja keras itu merupakan tujuan, maka masalah keberhasilan dalam hidup Anda akan mudah diselesaikan. 

Cucuran keringat memang diperlukan dan kerja keras selalu berada pada pihak yang ingin dimenangkan. Tetapi sebenarnya ide merupakan hal yang terpenting. Bisa dikatakan bahwa setitik ide nilainya sama dengan seember keringat. Oleh karena itu, jika Anda hanya mengenali dan mendaftar tujuan-tujuan Anda menurut prioritas saja, Anda tidak akan dapat berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Seringkali Anda harus melakukan hal-hal yang kreatif untuk mencapai tujuan tersebut. Semangat berjuang!

Penulis: Agus Siswoyo
Sumber Gambar: pollsb.com
    Share:

    0 komentar:

    Post a Comment