Sunday, June 19, 2011

Setujukah Richard Gere Jadi Duta Pariwisata Indonesia?

Aktor Hollywood lawan main Julia Robert dalam film "Pretty Woman" Richard Gere yang rencananya dalam kunjungannya ke Indonesia pada 25 hingga 27 Juni 2011 oleh pihak Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan ditawari untuk menjadi duta pariwisata Indonesia. Apakah akan mendongkrak pariwisata negeri ini di mata dunia?

pariwista indonesia

Kabar tersebut sempat merebak di beberapa media online jumat lalu. Hal ini pertama kali saya baca di antaranews. Dalam benak saya sudah tepatkah rencana yang di ambil oleh Kemenbudpar tersebut dan kira-kira apakah tidak terlalu dini.

Alasan saya berasumsi demikian karena terus terang potensi Indonesia sendiri masih belum terlalu menyeluruh di eksplorasi padahal kalo mau ditelusuri lagi masih banyak potensi pariwisata negeri ini yang masih tidur.

Saya ambil contoh untuk wilayah tempat tinggal saya di tingkat propinsi Banten misalnya. Coba perhatikan di situs website resmi pariwisata republik indonesia yaitu indonesia.travel saya pernah menulisnya di sini dengan judul “Kita Telusuri Keunikan Pariwisata indonesia yuk”

Nah, ternyata wilayah Banten hanya terdata 4 tempat Desa Kanekes ( Suku Baduy ), Masjid Agung Banten, Taman Nasional Ujung Kulon, dan Pulau Peucang. Kenapa cuma ada itu?

Desa Kanekes - Suku Baduy

Masjid Agung Banten

Taman Nasional Ujung Kulon

Pulau Peucang

Ironisnya di direktori pada situs tersebut Banten disebutkan “Tidak ada situs resmi Kantor Dinas Pariwisata Banten” dan memang di situs itu tidak ada sama sekali tentang data Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Banten lalu siapa yang mengelola bantenculturetourism.com? Jadi kesannya di sini tidak ada satu kesatuan dan kebersamaan ke tiap pemerintah daerah untuk sama-sama memajukan potensi Budaya dan Pariwisatanya.

pariwista banten

Hal serupa saya rasakan langsung saat saya beberapa waktu lalu datang ke Disporabudpar Tangerang dengan membawa proposal membawa bendera Blogerbenteng.com yang berencana ingin mengadakan lomba menulis yang tujuannya mengangkat kebudayaan dan pariwisata Tangerang namun disana saya malah disarankan untuk mencari sponsor dari corporate sebab pastinya proposal tersebut akan mentah di Disporabudpar.

Oke, saya rasa sih memang masuk akal. Lagipula memang saat itu detik-detik menjelang pembukaan festival cisadane 2011. Sebuah agenda budaya tahunan Kota Tangerang. Dan saat saya ungkapkan blog / narablog ternyata mereka belum familir dengan istilah itu, ya sudah pastinya birokrasinya pun akan lama dan rumit akhirnya kita pun bergegas pergi dari situ.

Hal yang saya ungkap itu adalah sebagian kecil dari kendala internal dalam mengembangkan potensi budaya dan pariwisata Indonesia. Sekarang Richard Gere akan dipilih jadi duta pariwisata Indonesia. Berapa banyak dana yang harus kita kucurkan untuk menyewa si Richard Gere? Sedangkan sumber daya pariwisata di negeri ini belum sepenuhnya digali?

Saya lebih mendukung Aku Cinta Indonesia dari detik.travel yang lebih banyak mengeksplorasi potensi-potensi pariwisata indonesia dan perbanyak resource data dari masyarakat luas. Begitu juga dengan quiz Indonesia.travel juga.

Pada kesimpulannya saya bukan tidak setuju Richard Gere jadi Duta pariwisata tetapi hanya mengingatkan jangan lupa di negeri ini masih banyak yang harus dibenahi. Syukur-syukur dengan demikian artis Hollywood tersebut bisa menceritakan kepada seluruh dunia tentang keunikan pariwisata kita dengan lengkap dari sabang sampai merauke, bahkan tempat pariwisata dekat tempat tinggal kita misalnya. hehe

Bagaimana potensi di wilayah tempat tinggalmu?
Share:

10 comments:

  1. Kalau boleh memilih, saya pilih Obama deh, untuk jadi DPI. Catatannya: sepanjang Obama masih menjabat Presiden AS yah...

    ReplyDelete
  2. setujuuu... mantaps itu dengan baksonya aja udah menjadi daya tarik indonesia :D

    ReplyDelete
  3.  potensi di sini melimpah sekali sih, tapi ya kurang tereksplore, kemaren sama sekali nggak diurusin, sekarang masih sibuk ngurusin urusan banjir, semoga sebentar lagi terurus dengan baik lah... sudah aku foto fotoin semua neeeh... yuk datang ke semarang...

    ReplyDelete
  4. setuju mas... saya jg gak menolak Richard untuk jadi duta pariwisata.. tp dalam hal dia duta indonesia di hollywood.. Jadikan smua orang bisa lebih mengenal Indonesia.

    Di jogja, masih banyak potensi pariwisata mas.. hanya masih kurang digali

    ReplyDelete
  5. Saya tidak setuju Mas, hanya karena nama besar berani bayar mahal untuk itu. Apa mereka nggak mikir kalau negara kita ini masih tergolong negara miskin?

    Untuk potensi pariwisatanya aja belum merata dibenahi, paling yang terkenal cuma pulau Bali tok.

    ReplyDelete
  6. yups betul, mas tomi yang terpenting potensi daerah sambil di gali lagi :)

    ReplyDelete
  7. yups, Mas rudy kayaknya memang hal ini harus dijadikan pertimbangan juga :)

    ReplyDelete