Thursday, June 16, 2011

Gerhana Bulan 2011 Terlama Dalam Sejarah

Sambil menunggu detik-detik terjadinya fenomena alam Gerhana Bulan 2011 yang disebutkan terlama dalam sejarah yaitu dari pukul pukul 01.00 WIB hingga 05.00 WIB, saya mencoba membuat posting ini untuk mengabadikan moment ini.

gerhana bulan 2011
Ilustrasi : astrosurf.com

Di kompas.com disebutkan bahwa Observatorium Bosscha ITB, Bandung membuat live steaming di situsnya secara langsung dari Aceh, Pekanbaru, Bandung, Mataram, dan Yogyakarta, Dan saat ini saya coba megaksesnya ternyata tidak bisa di akses mungkin servernya down karena bandwithnya tidak kuat, hehe

Link live streamingnya : http://bosscha.itb.ac.id/en/multimedia/livestreamgbt2011.html

Begitu juga dengan Di situs Pesantren Assalam, Solo, Jawa Tengah yang juga live streaming moment bersejarah ini. Awalnya saya bisa buka tetapi saat visitor menembus angka 100.000'an akhirnya off air. hehe sama-sama langsung down.

Link live streamingnya : http://rukyatulhilal.org/live/gbt2011/

Beberapa komunitas astronom sejak tadi sore pun telah mengelar acara edukasi tentang fenomena alam tersebut.

Saat saya baca di Republika.co.id menurut Kasi Observasi dan Informasi Badan Metereologi dan Geofisika (BMG) Maritim Tanjung Perak Surabaya, Effendy, mengatakan bahwa gerhana bulan pada 2011 akan terjadi sebanyak dua kali yakni pada 16 Juni 2011 dan 10 Desember 2011. "Gerhana bulan kali ini bukanlah fenomena langka. Tapi, pada 2011 ini gerhana bulan terbentuk secara total," lanjutnya.

Untuk kondisi dini hari ini, 01.30 wib di Tangerang sedang berawan jadi sang bulan tertutup dari pandangan mata.

gerhana 2011

Menjelang pukul 02.00 wib dini hari dapet info dari teman di twitter. ternyata di youtube ada live streamingnya. Nah kalo ini di jamin tidak akan down. Akhirnya saya bisa saksikan peristiwa bersejarah ini dengan jelas.

video streaming gerhana bulan 16 Juni 2011

Fenomena ini begitu indah karena saya bisa melihat bagaimana bulan itu tertutup yang sebelumnya terlihat menjadi merah via live streaming gerhana bulan di youtube. Di luar rumah pun saat saya lihat ke langit yan masih berawan sudah tidak nampak lagi cahaya bulan.

Akhirnya pukul 03.00 WIB saya pun beranjak untuk tidur sehingga saya tidak bisa melihatnya sampai bulan itu kembali terlihat lagi.

Bagi yang ingin melihat dokumentasinya, kebetulan saya tidak merekamnya di PC, sedangkan video live streaming yang sudah saya tampilkan malam itu di sini sudah tidak bisa di buka jadi kode embed video tersebut tidak langsung didokumentasikan oleh google menjadi satu video. Jadi silahkan cari aja di youtube untuk melihat siapa saja yang telah mendokumentasikan dan menguploudnya ke youtube, dengan kata kunci "lunar eclipse 2011" atau "gerhana bulan 2011"

Mungkin yang tetap ingin melihat kejadian gerhana bulan total ini lagi kita tunggu saja penampakan gerhana bulan pada 10 desember 2011.
Share:

11 comments:

  1. akhirnya bisa langsung lihat diblog ini via streaming youtube :)

    ReplyDelete
  2. Semalam saya tak sempat lihat, Mas. Terakhir ngetweet dengan Mas Andi listrik rumah saya mati terus saya ketiduran.

    ReplyDelete
  3. 2 kali aya ngelewatin moment bersejarah.. supermoon sama gerhana bulan..
    aaaa.. tapi mudah-mudahan yang bulan Desember liat deh..

    ReplyDelete
  4. @ Mas Joko : Kalo di sana mati lampu berarti langit pas cerah-cerahnya tuh :)

    ReplyDelete
  5. @ Ramy : iya bulan Desember ada lagi. Mudah-mudahan bisa lihat lagi :)

    ReplyDelete
  6. ane udah nunggin malem 2 ehh malah ketiduran om hee..

    emang bakalan ada lagi yo.. ?/

    btw iklanya makin rame adja niehhh :P...

    ReplyDelete
  7. saya kemarin alhamdulillah bisa bangun tengah malam dan berkesempatan melihat gerhana, sayang saya belum tahan berlama lama di luar di udara super dingin, jadi saya ngga foto foto gerhana dulu :(

    ReplyDelete
  8. saya juga engga foto-foto, mas. soalnya kamera hape malah ga maksimal hasil bidikannya klo malam  :)

    ReplyDelete