Tuesday, January 18, 2011

Kewirausahaan Dan Bisnis Online part 1

Pada topik Bisnis kali ini, saya ingin membahas sedikit tentang kewirausahaan dan Bisnis Online, sekalian sambil mengali saya coba berbagi. Siapa tahu ada masukan yang lebih banyak lagi dari sobat-sobat sekalian.


Kewirausahaan sendiri biasa dikenal dengan nama entrepreneurship, sebelumnya mari kita lihat pengertian entrepreneurship.
Entrepreneurship is the act of being an entrepreneur, which can be defined as "one who undertakes innovations, finance and business acumen in an effort to transform innovations into economic goods" source: en.wikipedia.org
Jika diartikan ke bahasa indonesia, Kewirausahaan adalah tindakan para pelaku pengusaha yang dapat didefinisikan sebagai "orang yang melakukan inovasi, keuangan dan ketajaman bisnis dalam upaya untuk mengubah inovasi menjadi barang ekonomi"

Sedangkan jika diperhatikan kata kewirausahaan sering dihubungkan dengan wiraswasta. Mari kita mengintip artikel Rohadi wicaksono,
Di dalam banyak literatur, antara istilah wiraswasta dengan wirausaha sering berganti tempat alias artinya dianggap sama. Memang ada sebagian ahli membedakan pengertian kedua istilah tersebut. Tetapi pembedaan itu, menurut hemat penulis, tidaklah terlalu signifikan. Karena itu, demi memudahkan pembahasan, dalam tulisan ini kedua istilah itu dianggap sama artinya. Kamus Besar Bahasa Indonesia juga tidak membedakan arti kedua istilah tersebut.

Jika dilihat secara etimologis, istilah wiraswasta berasal dari dua kata, yakni ‘wira’ dan ‘swasta’. Wira memiliki arti berani, utama, atau perkasa. Sedangkan swasta ternyata juga berasal dari dua kata, yakni ‘swa’ dan ‘sta’. Swa artinya sendiri, dan sta, berarti berdiri. Jadi, swasta bisa dimaknai berdiri di atas kekuatan sendiri. ( Wasty Soemanto, 1984 : 43 ).
Nah, itu kita bahas di topik berbeda. Sekarang jika kita hubungkan ternyata bisnis online adalah bagian dari kewirausahaan. Sebab dalam prakteknya bisnis online memiliki unsur kesamaan dalam kewirausahaan.

Bisnis online sendiri dalam cakupan luas, biasa disebut e-business. Mari kita simak pengertian e-business
Electronic business, commonly referred to as "eBusiness" or "e-business",or an internet business, may be defined as the application of information and communication technologies (ICT) in support of all the activities of business. Source:en.wikipedia.org
Artinya, buka google translate lagi nih, yaitu Bisnis Elektronik, biasanya disebut sebagai "eBusiness" atau "e-bisnis", atau bisnis internet, dapat didefinisikan sebagai penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung seluruh kegiatan usaha.

Gimana kira-kira udah ada gambaran awal tentang Kewirausahaan Dan Bisnis Online?

Lanjut besok ya? Untuk yang mau diskusi sama-sama dipersilahkan.
Share:

34 comments:

  1. Peratamaxxx..reserved...

    ReplyDelete
  2. ada benang merah sebenarnya. bisnis online, wirausaha, bisnis sendiri dan sebagainya. sumbunya adalah: mau usaha dan ada media untuk implementasinya saya rasa mas.

    sekarang apakah kita sudah menemukan bentuknya seperti apa? itu poin yang perlu didapatkan..

    ReplyDelete
  3. Keduanya memang butuh "kecerdikan" yang baik dan "kalau bisa" yang santun dan bermoral..supaya kesuksesannya bisa bertahan lama.

    ReplyDelete
  4. yup. itu yang terpenting, mas fadly :)

    Dan dalam bentuknya sendiri itu tergantung pencarian dan minat tentunya karena setiap orang berbeda-beda dalam perjalanannya.

    ReplyDelete
  5. haha,
    baru ngeh gambarannya sekarang nih setelah sekian lama mengembara di bisnis onlene :))

    ReplyDelete
  6. Saya makin jelas disini. Tak terfikir sebelumnya bahwa kewirausahaan juga ada kaitannya dengan bisnis online. Hmm, ya, kalau ditinjau dari cara kerjanya tentu sama. Bisnis online dan kewirausahaan sama dalam hal pelaku, yaitu kita sendiri yg mengusahakan.
    Adapun partner dan pendukung juga kita yang menyeleksi. Sip, artikel yang mantap ni kang! *jos* :D

    ReplyDelete
  7. mau usaha dan ada media..
    hmm, tambahan yg bagus dari mas Fadly :)

    ReplyDelete
  8. si Vanmovic, dollarnya udah ngumpul baru sadar dia....

    ReplyDelete
  9. selamat buat perebut tahta pertamax malam ini. ;)

    ReplyDelete
  10. Kalau bicara bisnis online banyak yang masih beranggapan itu bukan bisnis seperti bisnis offline pada umumnya sehingga banyak yang berpikir hanya berbekal blog, kemampuan komputer pasti bisa sukses. Kenyataannya...?

    Saya setuju bisnis online adalah bagian dari kewirausahaan. Sebab dalam prakteknya bisnis online memiliki unsur kesamaan dengan kewirausahaan.

    ReplyDelete
  11. apanya yang jos nih? :D

    makasih buat tambahannya, kang ;)

    ReplyDelete
  12. menurut saya wirausaha dgn bisnis online itu sama, bila bisnis onlinenya buka usaha sendiri, bukan ikut usaha orang lain :D

    ReplyDelete
  13. emang bener mas bisnis online itu salah satu bagian dari kewirausahaan mungkin salah satu cabangnya kali yaa

    ReplyDelete
  14. Saya tunggu episode berikutnya aja deh. Karena pada tulisan ini sangat jelas gambarannya.

    ReplyDelete
  15. Hm, begitu ya . . aku udah ikutan bisnis online tapi sampai sekarang belum pernah terpikir wirausaha berkaitan erat sama bisnis online, kalau dipikir-pikir, bener juga, kalau bisnis online yang kita jalankan adalah bisnis mandiri sama aja seperti berwirausaha.
    ok deh, nice onfo . .. .
    jangan lupa mampir yo ke blog aku, DISINI
    ada info tentang bisnis gratis nya

    ReplyDelete
  16. freelancer apa dulu? banyak loh tipe2 freelance :)

    ReplyDelete
  17. sampai sini paham mas, bisnis online adalah sebuah alat untuk mengembangkan usaha begitu biar gampang nyernanya ya

    ReplyDelete
  18. Kalau gitu, posisi freelancer ada di bagian mana ya?

    ReplyDelete
  19. sy bisnis online plus jual produk secara online, Alhamdulillah sudah terasa hasilnya :)

    ReplyDelete