Sunday, December 26, 2010

Menulis Untuk Manusia


Dalam perbincangan di twitter beberapa hari lalu dengan Mas Joko, tiba-tiba beliau mengatakan "saya menulis untuk manusia" Seperti tertegun, saya berpikir memangnya ada ya menulis untuk selain manusia, mesin contohnya. Karena yang mengerti esensi atau sebuah makna tulisan hanya manusia, bukan?

Kembali kepada perbincangan saya dan Mas Joko, ternyata beliau mengatakan itu karena ada yang bilang kepada beliau, "Saya nulis, kan buat diri sendiri. Bukan buat dibaca orang lain." hmm... sah-sah saja sih sebenarnya jika kita ngeblog atau menulis untuk diri kita sendiri. Apalagi jika namanya blog personal. ya tentu, isinya adalah hal-hal pribadi sang empu blog. Lalu jika memang untuk diri sendiri dan bukan untuk dibaca publik, kenapa tidak dibuat privat saja sehingga yang baca cukup dia pribadi?

Sambil mencari referensi, akhirnya ada arsip postingan dari blognya Mas Agus yang berjudul Menulis Untuk Manusia, Bukan SEO Semata membuat saya berasumsi bahwa bisa juga yang dimaksud selain manusia ini mungkin adalah mesin pencari, traffic, dan saudara-saudaranya.

Kira-kira menulis untuk manusia itu seperti apa ya?

Menurut saya, menulis untuk manusia adalah menulis untuk berbagi dan saling memberikan manfaat bagi pembacanya, sekalipun itu sebuah curhatan sekalipun. Buat apa traffic tinggi dan jadi nomor satu di Search Engine kalau itu cuma sebuah angka belaka.

Blog sekalipun sifatnya bebas tanpa adanya seleksi editor dan redaksi sekali pun, ada baiknya jika mempunyai poin-poin berikut ini:
  • Edukatif : Pembelajaran
  • Informatif : Informasi
  • Perspektif : Sudut pandang

Apakah ada yang ingin menambahkan, dipersilahkan. Dan sudahkan sobat menulis untuk manusia atau masih tetap pada pendirian bahwa menulis di blog itu buat diri sendiri dan bukan buat dibaca orang lain?
Share:

23 comments:

  1. baru kepikiran nih selama ini aku nulis untuk siapa..?

    ReplyDelete
  2. Saya masih pemula di dunia blog.
    Saya pikir memang lebih baik menulis untuk manusia, walau pun kenyataanya blog saya tidak memenuhi 3 point di atas,, hehe,,

    salam kunjungan,,

    ReplyDelete
  3. kadang apa yang saya tuliskan saya sendiri bingung, berguna ga ya buat orang lain, sebisa mungkin ada manfaatnya, kalopun tidak ya mau gimana lagi. terus belajar saja dan berbagi

    ReplyDelete
  4. saya menulis; daripada jadi 'bisul' yang lama utk pecah....lebih baik saya pecahkan saja sekalian via blog...once again "…a short blogging story better than never blogging.™"

    ReplyDelete
  5. saya juga masih pemula loh :)

    semua tulisan sebenarnya memiliki 3 point diatas kok. sekalipn cuma curhat karena tujuan curhat sendiri ingin menceritakan keluh kesah kita. masuk kedalam sudut pandang keseharian kita

    ReplyDelete
  6. saya setuju "…a short blogging story better than never blogging.™" :)

    ReplyDelete
  7. Walah, obrolan kita kemarin, kok sama Mas Andi malah ditulis di sini. :">
    Terima kasih, Mas. Saya ikutan numpang keren di sini. Ha Ha Ha :D

    ReplyDelete
  8. Salam kenal, singgah mencari informasi yang bermanfaat. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
  9. saya buat dua-duanya, diri sendiri dan orang lain.. heheh

    ReplyDelete
  10. Saya menulis untuk diri sendiri Kang, masalahnya saya juga manusia :D

    ReplyDelete
  11. saya juga menulis untuk manusia
    bisa om Andi lihat blog Persona Intikalia ku yang sekarang jadi Open Blog, alias semua orang bisa nulis di sana :)

    ReplyDelete
  12. InsyaAllah saya nulis untuk diri sendiri dan manusia lain. Dengan tujuan rame2 kita semua lulus menuju Tuhan. Amin. ^_^

    ReplyDelete